Pekan Vaksinasi di Sawahlunto, Warga Akan Divaksin Dengan Door to Door

MINANGKABAUNEWS.COM, SAWAHLUNTO – Pemko Sawahlunto meningkatkan percepatan dan jangkauan vaksinasi Covid – 19 dengan melakukan vaksin door to door (rumah ke rumah) dalam Pekan Ketuk Pintu Vaksinasi yang akan dilaksanakan sejak 22 sampai 30 November 2021 mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB (Dinkesdalduk – KB) Kota Sawahlunto, Yasril, di Balaikota, pada Selasa 16 November 2021 tadi dalam Rapat Koordinasi Percepatan Vaksinasi bersama Camat dan Kepala Desa/Lurah, mengatakan pada Pekan Ketuk Pintu Vaksinasi ini petugas kesehatan dari Puskesmas bekerjasama dengan pemerintah desa/kelurahan akan datang langsung ke masyarakat di tingkat dusun/RT – RW.

Read More

“Kita sudah siapkan konsepnya, nanti prioritas pada dusun/RT – RW yang masih banyak warga di sana belum divaksin. Kemudian kita kumpulkan minimal 8 – 10 orang di satu rumah, kita vaksin langsung di sana,” ujar Yasril.

Untuk mobilisasi (jemput dan antar) masing – masing warga dari kediamannya ke rumah tempat dikumpulkan untuk divaksin, akan dibantu oleh Bhabinkamtibmas dan Kepala Dusun/Ketua RT – RW setempat.

Pelaksanaan Pekan Ketuk Pintu vaksinasi ini akan meningkatkan tingkat vaksinasi Kota Sawahlunto yang pada Senin 15 November 2021 tercatat telah mencapai 74,33 persen. Dengan kata lain, dari 51.805 total sasaran telah divaksinasi sebanyak 38.506 orang.

Pada Pekan Ketuk Pintu vaksinasi nanti kita sekaligus langsung vaksinasi dosis kedua. Jadi tidak hanya bagi warga yang belum vaksin dosis pertama, untuk yang sudah bisa vaksin dosis kedua juga bisa,” kata Yasril.

Hal ini untuk meningkatkan vaksinasi dosis kedua yang sekarang baru mencapai 42,89 persen.

Ditambahkan Yasril, saat ini tingkat vaksinasi Kota Sawahlunto berada di peringkat 3 paling tinggi dari seluruh kota/kabupaten di Provinsi Sumbar.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta meminta jajaran pemerintah terdepan di tingkat Kecamatan, Desa/Kelurahan sampai Dusun dan RT/RW untuk bersama – sama mendukung Pekan Ketuk Pintu vaksinasi tersebut.

“Ini langkah nyata kita dalam menciptakan herd immunity (kekebalan kelompok) di Sawahlunto dalam membentengi masyarakat dari penyebaran Covid – 19. Peran dari pemerintahan terdepan menentukan kesuksesan Pekan Ketuk Pintu vaksinasi ini,” sebut Wali Kota Deri Asta.

Rakor Percepatan Vaksinasi bersama unsur pemerintahan terdepan itu juga dihadiri oleh Kapolres Sawahlunto, AKBP. Ricardo Condrat Yusuf.(atra)

Related posts