Pelajari Hal Ini, Dinas PMB Pariaman Studi Komperatif ke Muba Sumatera Selatan

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, PARIAMAN – Kepala Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) Kota Pariaman, Hendri, bersama dengan jajaranya, Tinjau Pengelolaan Keuangan Desa di Kabupaten Muba (Musi Banyuasin) Provinsi Sumatera Selatan.

“Studi komperatif ini dilakukan dalam rangka untuk melihat penerapan efektivitas penggunaan keuangan desa dalam┬ásuatu sistem pengelolaan keuangan desa, sehingga dana desa yang efektif, efisien, transparan dan akuntable, dimana Kabupaten Muba untuk pengelolaan keuangan desanya, dalam tiga tahun berturut turut menjadi terbaik secara nasional,” ujar Hendri ketika dihubungi via telpon oleh Tim Media Center Dinas Kominfo Kota Pariaman, Kamis (7/10).

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa Sistem pengelolaan keuangan desa, saat ini diatur melalui Sistem Informasi Keuangan Desa (SISKEUDES) online, yang dirancang oleh BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan), dan hal ini berlaku secara nasional.

“Untuk itu, hari ini kami bersama dengan jajaran PMD Kota Pariaman melakukan studi komperatif ke Dinas PMD Kabupaten Muba, Provinsi Sumatera Selatan, yang bertujuan untuk melihat secara langsung penerapan aplikasi siskeudes secara online dan tertib yang ada disini, yang akan kami adopsi nantinya di Kota Pariaman,” jelasnya.

Sejak dilantik jadi Kadis (Kepala Dinas) PMD pada dua minggu yang lalu, Hendri mencanangkan penerapan aplikasi siskeudes secara online bisa terlaksana secepatnya di Kota Pariaman, dan dapat dioperasikan secara tertib, yang artinya, aplikasi ini akan menjamin mulai dari perencanaan, penatausahaan serta pelaporan keuangan desa yang terkelola dengan handal, cepat dan akuntable, ulasnya.

“Kenapa kami memilih Muba, karena Kabupaten Muba adalah yang terbaik dan tercepat nasional dalam menerapkan sistem tersebut. Disamping itu, hal ini juga sejalan dengan inovasi kami di PMD Kota Pariaman, dan Muba telah membentuk sebuah unit layanan untuk klinik konsultasi desa terkait pemecahan masalah pemerintah yang ada di desa,” tukas mantan Kadis Kominfo Kota Pariaman ini.

Kunjungan ini diterima di ruang rapat Dinas PMD Kabupaten Muba oleh Kabid Pemdes, Padri didampingi Kasi Kelembagaan Desa, Riduan. Sementara Kadis PMD Kota Pariaman didampingi oleh Priyaldi sebagai Koordinator Pendamping Desa Berdikari Kota Pariaman. (Aji/Rls)

 

Related posts