Pelaku Curas Dibelasah Massa, Rampas Tas Berisi Uang Puluhan Juta di Payakumbuh

  • Whatsapp
Ahmad, 24 tahun, tersangka Curas warga Desa Pal Sepuluh, Kecamatan Tiang Pumput, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan usai diamankan aparat Polres Payakumbuh, Sumbar, Rabu (8/6) kemarin.

MINANGKABAUNEWS, PAYAKUMBUH – Seorang pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas) tertangkap tangan usai melakukan aksinya di ruas Jalan Jendral Sudirman, tepatnya di depan Hotel Mangkuto, Kaniang Bukik, Kota Payakumbuh, Selasa (8/6) kemarin. Pelaku dikabarkan sempat babak belur dipelasah massa sebelum diamankan pihak kepolisian.

Kapolres Payakumbuh, Sumatera Barat, AKBP Alex Prawira membenarkan peristiwa tersebut. Kapolres mengatakan aksi pelaku curas terjadi sekira pukul 14.00 WIB. “Sebelum ditangkap, pelaku ini nekat melakukan aksi kejahatan di siang hari,” kata Kapolres dalam keterangan persnya, Rabu (9/6) siang.

Read More

Diterangkan Kapolres melalui Kasat Reskrim, AKP Acno Pelindo, pelaku dalam aksi Curas itu bernama Ahmad, 24 tahun. Dia tercatat merupakan warga Desa Pal Sepuluh, Kecamatan Tiang Pumput, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan. Dalam menjalankan aksinya, pelaku diketahui telah mengintai korbannya terlebih dahulu.

Korban yang diketahui bernama, Kasmaneli warga Kecamatan Payakumbuh Utara, diketahui baru saja mengambil uang tunai di kantor Bank BNI Payakumbuh di kawasan Pasar Payakumbuh. Dari kantor Bank BNI, korban bersama anaknya kala itu mengendarai mobil Toyota Rush bernomor polisi, D 1169 AHS.

Setiba di ruas Jalan Sudirman tepatnya di depan hotel Mangkuto, korban yang mengendarai mobil bersama anaknya berama Vio, menghentikan laju mobilnya untuk membeli kelapa muda. Setelah memarkir mobil, anak korban pun turun kemudian berjalan kaki ke tempat penjual kelapa.

“Namun, pelaku datang secara tiba-tiba menyambar tas berisi uang milik korban di dalam mobil. Seketika itu, korban berteriak dan pelaku lari ke arah depan mobil. Tapi anak korban yang melihat kejadian, langsung mengejar berupaya menangkap pelaku,” ungkap Acno Pelindo.

Walhasil, antara pelaku dan anak korban bernama Vio sempat terjadi kontak fisik dan saling bergumul di tepi jalan. Warga yang melihat kejadian pun tak tinggal diam, lalu berupaya membantu korban. Hingga akhirnya, anggota Polsekta Payakumbuh yang mendapat informasi langsung bergerak ke lokasi, mengamankan pelaku.

“Kini tersangka sudah kita amankan dan mendekam di sel tahanan Mapolres Payakumbuh untuk pengusutan lebih lanjut. Termasuk barang bukti tas milik korban, berisi uang senilai Rp49 juta. Kita mengimbau kepada semua masyarakat, agar lebih waspada dengan semua kemungkinan aksi kejahatan,” imbau Kasat Reskrim. (akg)

 

Related posts