Pemanasan Jelang MTQ Tingkat Pemprov, Pemko Padang Gelar MTQ Tingkat Kota, Catat Tanggalnya!

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG – Pemerintah Kota Padang, bakal menggelar pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-40 tingkat kota pada 26-29 Juli 2022.

Pelaksanaan kegiatan tersebut akan diikuti perwakilan lingkungan Kemenag, lembaga pendidikn di lingkungan disdik Padang, MDTA, TPQ, TQA dan pondok pesantren yang memenuhi kriteria di Kota Padang, pelaksanaannya dipusatkan di Masjid Agung Nurul Iman.

Read More

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Padang, Fuji, memastikan bahwa tahun ini kegiatan MTQ tetap akan dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Pembukaan MTQ rencananya dilaksanakan setelah idulfitri,” kata Fuji saat paparan sosialisasi MTQ tingkat kota acara diseminasi Informasi Kominfo Padang, Rabu (20/7/2022).

Ia menjelaskan, MTQ yang akan dilaksanakan pada 26 Juli mendatang bertujuan untuk menyeleksi qari-qariah yang berprestasi, yang nantinya akan mewakili Kota ke ajang MTQ tingkat provinsi maupun nasional.

“Pelaksanaan MTQ ini tujuannya untuk menjaring peserta yang nantinya akan mewakili Kota Padang pada ajang MTQ tingkat provinsi dan nasional,” paparnya.

Namun yang menjadi poin penting, lanjut dia, bakal prioritaskan anak-anak lokal Padang sebagai perserta lomba MTQ mendatang. Untuk itu, ia meminta kepada Kantor Urusan Agama (KUA), MDA, MDTA dan Pondok Pesantren di Padang untuk bekerja sama dalam menjaring para peserta berprestasi yang akan diutus dalam lomba tersebut.

“Hari ini kita Sosialisasikan MTQ tingkat Kota Padang pada 26 Juli 2022, yang ditutup pada tahun barun Islam di Majis Raya Nurul Iman,” tuturnya

Tambahnya, Ada 32 cabang lomba, kita akan mrmpertandingkan peserta dari unsur lembaga pendidikan di lingkungan kemenag, lingkungan Dinas Pendidikan , MDA, MDTA, ponpes, pondok Tahfidz, ini berbeda dengan MTQ sebelumnya. Tahun ini dengan pola berbeda penyelenggaraan MTQ di bawah komando LPTQ Kota Padang, sudah kita diskusikan dengan Ketum LPTQ Sekda. “Secara kuantitas berbeda namun kita akan seleksi berdasarkan umum, kita buka peluang yang lebih luas,” katanya

Dia mengharapkan MTQ dapt melahirkan kafilah terbaik untul mempersiapkan Mtq 2023 di Solok Selatan. Untuk mempertahankan juara umum, kami meminta dukungan semua pihak agar MTQ aman dan lancar.

Sementara itu, Kakan Kemenag Padang, Edi Oktaviandi mengatakan MTQ ini merupakan agenda rutin dua tahunan nasional hingga daerah, walaupun berbeda tetapi esensinya tetap. Kegiatan MTQ ini bertujuan untuk menjaring potensi untuk mewakili Padang di tingkat provinsi.

Peserta 427 yang sudah terkonfirmasi dengan 27 hakim. Kegiatan akan dipusatkan di Masjid Agung Nurul Iman yang menjadi ikon kegiatan keagamaan di Kota Padang. Akan dibuatkan twibbon dan mars MTQ menjadi nada panggil.

Related posts