Pembangunan PLTMH Batang Tongar Sudah Mencapai 85 %, Pasaman Barat Akan Segera Dapat Tambahan Pasokan Listrik Baru

  • Whatsapp
Pembangunan PLTMH Batang Tongar Pasaman Barat Sudah Mencapai 85 %

PASAMAN BARAT – Progres pembangunan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mikoro Hidro (PLTMH) di Sungai Batang Tongar, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat sudah mencapai 85 persen.

PT. Nusa Konstruksi Enjiniring (NKE) yang dipercaya sebagai penyedia jasa pelaksana pembangunan proyek PLTMH tersebut, terus mengebut pembangunan diberbagai bidang.

Kepala Pelaksana proyek PLTMH Batang Tongar, Purwanto kepada minangkabaunews.com, Senin (05/12/22) menyampaikan, hingga saat ini pembanguanan proyek tersebut sudah berjalan hampir tiga tahun, dan progres pembangunan sudah mencapai 85 persen.

“Kami saat ini, sedang melakukan pengerjaan di bagian area Power House. Sesuai perencananya, pembanguan PLTMH ini akan rampung pada bulan Desember ini,” katanya.

Disampaikan, dalam pengerjaan mereka dihadapkan dengan beberapa kendala di lapangan, seperti tingginya curah hujan terlebih dalam bulan Novenber dan Desember ini.

“Pekerjaan di lapangan juga dihadapkan dengan kondisi cuaca, karena dominan hujan, terlebih di bulan November dan Desember ini. Manun, meski demikian pengerjaan terus dimaksimalkan,” katanya.

Dengan adanya PLTMH Batang Tongar ini, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat akan mendapat tambahan pasokan listrik baru, yang akan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan listrik rumah tangga di Kabupaten Pasaman Barat.

“Nantinya, PLTMH Batang Tongar ini akan menyuplai kebutuhan listrik bagi masyarakat, khususnya yang ada di Kabupaten Pasaman Barat dan sekitarnya,” ujar Purwanto.

Salah seorang tokoh masyarakat di Pinagar Nagari Aua Kuniang mengaku, bangga dan gembira, karena ada pembamgunan PLTMH di daerah Pasaman Barat.

“Ini merupakan kabar gembira bagi kami, dan masyarakat Kabupaten Pasaman Barat khususnya, karena sebentar lagi Pasaman Barat akan mendapat pasok listrik baru. Tentu ini akan memperluas jangkauan linstrik yang akan tercapai, dan tidak ada lagi daerah yang minim listrik di Pasaman Barat,” katanya. (EL)

Related posts