Pembinaan Pokdarwis, Pemdes Tuapeijat Fokus Majukan Sektor Pariwisata

MINANGKABAUNEWS.COM, MENTAWAI – Pembangunan kepariwisataan memerlukan dukungan dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan dibidang pariwisata. Dan masyarakat merupakan salah satu unsur penting pemangku kepentingan untuk bersama-sama dengan Pemerintah bersinergi melaksanakan dan mendukung pembangunan kepariwisataan.

Dukungan masyarakat dapat diperoleh melalui penanaman kesadaran masyarakat akan arti penting pengembangan kemajuan pariwisata kedepan.

Read More

Hal itu dikatakan Sekretaris Desa (Sekdes) Tuapeijat Nobel Nehe, saat menghadiri rapat tahunan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pusaraat Dusun Mapaddegat Desa Tuapeijat Kecamatan Sipora Utara di Mapaddegat Jumat, (11/11/2022) beberapa hari lalu.

Pokdarwis merupakan salah satu komponen dalam masyarakat yang memiliki peran dan kontribusi penting dalam pengembangan kepariwisataan.

“Masyarakat melalui pokdarwis memiliki peran penting untuk memajukan pariwisata, itu selain pemerintah. Dan masyarakat pun harus menanamkan kesadaran akan pentingnya pariwisata” ujar Nobel.

Ia berharap Pokdarwis Pusaraat harus kreatif. Karena melalui kreativitas dan keunikan merupakan salah satu hal yang mampu menjadi pembeda agar wisatawan mau berkunjung ke objek wisata dikawasan Mapaddegat, sambungnya.

Pokdarwis harus mampu menghadirkan keunggulan komparatif dan kompetitif. Dengan demikian, akan terus muncul produk dan jasa kreatif.

Memasarkan industri pariwisata pada dasarnya bukan sekedar menjual keindahan alam, tetapi butuh kreativitas untuk mengemas potensi yang ada menjadi daya tarik.

“Pokdarwis pusaraat ini harus kreatif mengemas potensi yang ada agar memiliki daya tarik, jika tidak kreatif maka wisata kita akan sepi pengunjung” katanya.

Ia menambahkan, keberadaan Pokdarwis perlu terus didukung dan dibina sehingga dapat berperan efektif dalam turut menggerakkan partisipasi masyarakat untuk mewujudkan lingkungan dan suasana yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kegiatan kepariwisataan di Desa Tuapeijat.

“Pokdarwis sangat kita dukung, dan kita akan terus bina sehingga dapat berperan lebih efektif untuk perkembangan pariwisata di desa kita”

“kalau pokdarwis pusaraat dusun Mapaddegat ini sudah maju, maka kita juga akan bentuk Pokdarwis di dusun Jati”, imbuhnya.(Tirman)

Related posts