Pemerintah Tetapkan 1 Juli Awal Zulhijah, Idul Adha 1443 H Jatuh pada Ahad 10 Juli

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, JAKARTA — Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan awal Zulhijjah pada Jumat (1/7/2022) dan Hari Raya Idul Adha pada Minggu (10/7/2022). Keputusan tersebut diambil setelah melalui sidang itsbat yang berlangsung di kantor Kementerian Agama Jakarta Pusat, Rabu (29/6/2022).

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid memaparkan hasil keputusan sidang isbat didapat dari metode hisab dan rukyat.

Read More

“Bahwa ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia pada posisi antara 0 derajat 52 menit sampai dengan 3 derajat 13 menit dengan sudut elongasi 4,27 derajat sampai dengan 4,97 derajat ini adalah posisi Hilal berdasarkan hisab,” ujar Zainut dalam jumpa pers.

Ia mengatakan berdasarkan hisab, posisi hilal seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk, namun belum memenuhi kriteria baru MABIMS.

Dia mengatakan berdasarkan laporan hilal di 86 titik yang di 34 provinsi di Indonesia, tidak ada satu yang melaporkan melihat hilal.

“Sehingga secara mufakat bahwa satu Dzulhijjah tahun 1443 Hijriyah jatuh pada hari Jumat tanggal 1 Juli 2022. Inilah sidang isbat yang baru saja kita laksanakan dan kita sepakati bersama,” papar dia.

Dengan demikian Hari Raya Idul Adha ditetapkan pada Minggu 10 Juli 2022.

Ia berharap seluruh umat Islam dapat merayakan Idul Adha 1443 Hijriah secara bersama-sama.

“Mudah-mudahan dengan hasil sidang isbat ini seluruh umat Islam Indonesia dapat merayakan Idul Adha secara bersama-sama,” kata dia.

Wakil Ketua Umum PPP itu juga berharap penetapan awal Zulhijah menjadi simbol cerminan kebersamaan umat Islam di Indonesia.

“Kebersamaan ini mudah-mudahan menjadi wujud dari kebersamaan kita sebagai sesama anak bangsa untuk juga menatap masa depan bangsa Indonesia yang lebih baik,” katanya


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts