Pemkab Padang Pariaman Peringati Hardiknas 2022

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG PARIAMAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman melaksanakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2022 tingkat Kabupaten Padang Pariaman secara tatap muka.

Sebelumnya Bupati Padang Pariaman selaku pembina upacara juga telah membacakan Naskah Pidato dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Upacara Peringatan Hardiknas yang dilaksanakan berlangsung hikmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, bertempat di halaman Kantor Bupati di Kawasan IKK Padang Pariaman di Paritmalintang, Jum’at (13/5/2022).

Read More

Upacara Hardiknas dihadiri oleh Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang, Ketua DPRD Arwinsyah beserta jajaran, Forkopimda, Pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN), Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN/BUMD, seluruh tenaga pendidik (Guru PAUD, TK, SD dan SMP) se- Kabupaten Padang Pariaman dan perwakilan siswa yang ditunjuk dari sekolah yang dipilih.

Bupati Suhatri Bur dalam arahannya mengucapkan, selamat memperingati Hardiknas bagi seluruh tenaga pendidik dan kependidikan.

“Pada momen Hardiknas ini, saya ingin mengingatkan kembali upaya yang harus kita lakukan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Padang Pariaman,” ucapnya.

Suhatri Bur menjelaskan, ada empat program utama dunia pendidikan untuk mewujudkan visi pembangunan Bupati dan Wakil Bupati “Padang Pariaman Berjaya”, mewujudkan Padang Pariaman yang Unggul Berkelanjutan, Religius, Sejahtera dan Berbudaya.

“Satuan pendidikan harus melakukan peningkatan ilmu agama dan praktek ibadah siswa, melalui dua Inovasi Si Pintar (Siswa praktek ibadah setiap hari) dan Si Berseri (Siswa bersedekah setiap hari),” jelasnya.

Ia menambahkan, harus ada peningkatan disiplin guru dan siswa, kemudian peningkatan kebersihan, keindahan, ketertiban, keamanan dan kenyamanan sekolah.

“Peningkatan silaturahmi antara guru, komite sekolah dan tokoh masyarakat, serta pemerintah setempat,” imbuh Bupati Padang Pariaman itu.

Kemudian pada kesempatan itu, Bupati Suhatri Bur mengapresiasi kata motivasi “Guruku Hebat Siswaku Pintar” yang telah dicetuskan. Ia menyarankan, harus menjadi keseharian dan terpatri dalam jiwa guru dan siswa untuk memacu semangat dalam proses belajar mengajar dan penanaman nilai-nilai.

“Alhamdulillah, berkat keterpaduan dan program inovasi yang dilakukan. Secara bertahap, telah menampakkan perubahan ke arah yang lebih baik, dan harus dibudayakan,” saran Suhatri Bur.

Di penghujung acara, Suhatri Bur menyampaikan, ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada segenap tenaga pendidik dan kependidikan, khususnya tenaga honorer mulai tingkat PAUD, SD hingga SMP dan mengajak untuk bangkit.

Pihaknya menilai, tingkat pengabdian guru itu tulus tanpa batas untuk mencerdaskan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat hingga ke pelosok nagari.

“Mari kita bangkit dan pulih. Mari serentak bergerak, pimpin pemulihan untuk merdeka belajar,” ucapnya.

Sejatinya Hardiknas diperingati pada 2 Mei tiap tahunnya. Namun pada tahun ini, 2 Mei bertepatan dengan hari raya Idul fitri 1443 Hijriah dan cuti bersama.

“Maka dari itu, upacara peringatan Hardiknas dilaksanakan pada 13 Mei 2022 sesuai dengan Pedoman dan Petunjuk Teknis Upacara yang dikeluarkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan,” pungkasnya.

Upacara Hardiknas dihadiri oleh Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang, Ketua DPRD Arwinsyah beserta jajaran, Forkopimda, Pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN), Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN/BUMD, seluruh tenaga pendidik (Guru PAUD, TK, SD dan SMP) se- Kabupaten Padang Pariaman dan perwakilan siswa yang ditunjuk dari sekolah yang dipilih.

Related posts