Pemkab Pasaman dan Rohul Bahas Pembangunan Jalan Rokan-Rumbai

MINANGKABAUNEWS.COM, PASAMAN –Memperkuat hubungan kedua daerah, Pemerintah Kabupaten Pasaman menerima kunjungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu di Pendopo Rumah Dinas Wakil Bupati Rohul, berlangsung akrab dalam suasana kekeluargaan, Sabtu pagi (28/5/2022).

Baik Bupati Pasaman H. Benny Utama dan Wabup Rohul H. Indra Gunawan serta antar sesama kepala OPD kedua daerah, tampak ‘cair’ dalam komunikasi penuh canda.

Read More

“Terima kasih atas sambutan yang luarbiasa ini, dan Kami dari Pasaman merasa tersanjung,” ujar Bupati Benny Utama.

Bupati H. Benny Utama menyatakan kegembiraan, karena Pemerintah Provinsi Riau sudah menganggarkan Rp.36 milyar rupiah untuk kelanjutan pembangunan jalan Rokan Hulu – Batas Sumbar di Nagari Rumbai, Kecamatan Mapattunggul.

Pasaman dan Rokan Hulu merupakan daerah bertetangga yang berbatas langsung. Dan tapal batas Pasaman – Rokan Hulu tidak pernah ada masalah dan segala urusannya berjalan lancar.

“Ini pertanda baik dan Saya yakin hubungan Pasaman dan Rokan Hulu akan berjalan sangat baik dalam suasana persaudaraan yang erat,” lanjut bupati Benny.

Satu hal yang ingin Saya sampaikan, tambah bupati, bahwa saat sampai di Pasir Pangaraian, Ibu Kota Rokan Hulu ini tadi malam, saya langsung kagum.

“Bayangan Saya, Pasir Pangaraian ini hanya sebuah kota kecil yang tidak begitu ramai. Tapi ternyata kota ini cukup besar, bagus dan tata kotanya rapi Dan bersih.

Dalam kesempatan itu, Bupati Benny Utama mengundang bupati dan wakil bupati serta kepala OPD Pemkab Rokan Hulu berkunjung ke Pasaman.

“Kami mengundang Bapak Bupati H. Sukiman, Pak Wabup serta kepala OPD Rokan Hulu untuk berkunjung ke Pasaman,” undang bupati.

Wakil Bupati Rohul, H. Indra Gunawan saat penyambutan mengucapkan terima kasih atas kunjungan kerja Bupati Pasaman, H. Benny Utama.

“Terima kasih atas kunjungan Pak Benny Utama beserta OPD di Rokan Hulu. Dan kami menympaikan salam hormat dari Bupati Rokan Hulu Bapak H. Sukiman, dan Beliau juga mohon maaf, karena hari ini ada acara dengan beberapa OPD di Pekan Baru,” kata Wabub Indra Gunawan.

Dijelaskan Wabub Rohul bahwa Gubernur Riau sudah menyatakan pembangunan  jalan Rokan Hulu – Batas Pasaman akan tuntas tahun 2024.

“Tahun ini Pemprov Riau sudah menganggarkan 36 milyar rupiah untuk kelanjutan pembangunan jalan dan jembatan dari Rokan Hulu ke Pasaman,” ungkap Wabup Rahul.

Dijelaskannya, badan jalan yang dibangun  7 meter, ditambah 2 meter bahu jalan di kiri kanannya, serta dua unit jembatan masing sepanjang 25 meter.

Disampaikan juga bahwa bulan juni depan Gubernur Riau dan Bupati Rokan Hulu akan mengunjungi daerah perbatasan Bukit Godang.

“Nanti Kami juga akan mengundang Bapak Benny Utama untuk bisa hadir bersama-sama Pak Gubernur Riau dan Bupati Rohul di Dusun Bukit Godang,”ujar Wabub Indra Gunawan.

Menurut Wabup Indra, meski belum rampung, namun akses jalan Rahul – Rumbai sudah ramai digunakan para pemudik saat lebaran kemaren.

Sekilas tentang Kabupaten Rokan Hulu, daerah seluas 7.587,13 Km² ini berjuluk Negeri Seribu Suluk. dengan jumlah penduduk 561.385 jiwa, dengan mayoritas usaha masyarakat di sektor perkebunan kelapa sawit.

Kabupaten Rokan Hulu terdiri dari 16 Kecamatan, 6 kelurahan dan 139 desa. Tiga desa diantaranya berbatas lansung dengan Kecamatan Mapattunggul, Pasaman.

Siangnya, Bupati Pasaman beserta rombongan bertolak ke Kota Pekan Baru guna menghadiri acara halal bi halal dan musyawarah besar serta pengukuhan dan pelantikan Pengurus Ikatan Keluarga Pasaman dan Pasaman Barat Riau (IkP – PBR, di Hotel Grand Suka, Pekan Baru.

Acara ini rencananya akan dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Barat dan Gubernur Riau, serta Bupati Pasaman dan Bupati Pasaman Barat. (Verdi)

Related posts