Pemkab Sijunjung Salurkan Santunan BPJamsostek Rp12,4 Miliar Kepada Masyarakat

  • Whatsapp

Sijunjung, (Minangkabaunews) -Sepanjang tahun 2023, Pemkab Sijunjung secara langsung dan tidak langsung dengan kebijakan positifnya telah memberikan uang santunan BPJamsostek kepada ahli waris pekerja di Kabupaten itu sebesar Rp12,4 miliar.

Kepala BPJamsostek Solok Maulana Anshari Siregar mengatakan, Pemkab Sijunjung merupakan pemda pertama di Provinsi Sumatera Barat yang melindungi pekerja kategori rentan atas risiko kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja dan kematian sejak Maret 2022 dan Pemkab Pertama di Pulau Sumatera yang memberikan perlindungan BPJamsostek bagi 100 Pekerja rentan melalui APB Nagari.

Tercatat kini sudah hampir 60 orang ahli waris pekerja rentan mendapatkan santunan, empat diantara anak ahli waris telah mendapatkan manfaat beasiswa pendidikan sampai perguruan tinggi.

Dengan adanya program BPJamsotek, Pemkab Sijujung berkomitmen mencegah munculnya warga miskin baru setelah meninggalnya tulang punggung keluarga.

Kini, lebih dari 50 persen masyarakat pekerja di Kabupaten Sijunjung telah menjadi peserta BPJamsostek berkat dukungan kebijakan dan pendanaan dari Pemerintah Kabupaten Sijunjung baik melalui APBD, APB Nagari, APBN DBH Sawit bagi pekerja rentan, dan sumber pembiayaan lainya bagi pekerja formal dan pekerja informal yang mampu (non rentan).

Hal positif lainnya, Pemkab Sijunjung melakukan evaluasi pemanfaatan santunan oleh ahli waris untuk memastikan bahwa penggunaan untuk hal yang produktif demi mewujudkan Kabupaten Sijunjung yang sejahtera dan madani.


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts