Pemkab Solok Selatan Fasilitasi Pelaku Budaya dan Sejarah dengan Pelatihan Peningkatan SDM

  • Whatsapp
Pelaku Budaya dan Sejarah dengan Pelatihan Peningkatan SDM
Pelaku Budaya dan Sejarah dengan Pelatihan Peningkatan SDM

MINANGKABAUNEWS.COM, SOLOK SELATAN – Pemkab Solok Selatan menggelar pelatihan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Pelaku Budaya dan Pelaku Sejarah yang bertempat di Aula Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok Selatan, Jumat (10/12/2021).

Pelatihan ini diikuti oleh Ketua KAN, pemilik dan pengurus benda cagar budaya serta penggiat cagar budaya se-Solok Selatan.

Read More

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Solok Selatan, Harri Trisna mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan peningkatan sumber daya pelaku budaya dan sejarah. Selain itu juga untuk membentuk database cagar budaya yang valid sehingga ada dokumentasi yang jelas terkait sejarah dan benda cagar budaya.

Bupati Solok Selatan, yang di wakili oleh staf ahli Novrizon menyampaikan apresiasi untuk Disparbud Solok Selatan dan peserta pelatihan terkait cagar budaya yang merupakan kekayaan budaya bangsa yang harus selalu dilestarikan dan juga dikembangkan.

“Perlu pemahaman dan sistem manajerial perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang baik bagi pihak yang berperan dengan perlindungan, pengembangan dan pemanfaatan cagar budaya sebagai sumber daya budaya bagi Solok Selatan,” ungkapnya.

Hal tersebut merupakan amanat pasal 97 Undang-undang Nomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya yang menyatakan bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah memfasilitasi pengelolaan Kawasan Cagar Budaya.

Untuk mewujudkan tugas tersebut, terkait dengan pelestarian cagar budaya, diperlukan peran dan partisipasi masyarakat terutama pelaku budaya dan sejarah di Solok Selatan.

Turut hadir dalam acara ini sekretaris Disparbud, Asniati, Kabid Kebudayaan Disparbud Theresa Febrysta Fuad, dan narasumber. (rls)

Related posts