Pemkab Solok Selatan Gelar Sosialisasi Persandian dan Keamanan Informasi

  • Whatsapp
Asisten I Setdakab Solok Selatan, Fidel Efendi saat pembukaan Sosialisasi Persandian dan Keamanan Informasi
Asisten I Setdakab Solok Selatan, Fidel Efendi saat pembukaan Sosialisasi Persandian dan Keamanan Informasi

MINANGKABAUNEWS.COM, SOLOK SELATAN – Pemkab Solok Selatan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar Sosialisasi Persandian dan Keamanan Informasi OPD se-Solok Selatan yang bertempat di Aula Bappeda Solok Selatan, Kamis (16/12/2021).

Kepala Dinas Kominfo Solok Selatan, Syamsurizal mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti sebanyak 50 orang peserta yang terdiri dari Kasubag Umum dan Kepegawaian se Kabupaten Solok Selatan.

Read More

“Persandian dan keamanan informasi sangat penting, perlu perlindungan terhadap informasi agar tidak disalah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, kegiatan ini sebagai tindakan preventif untuk mendeteksi tindakan penipuan-penipuan,” katanya.

Bupati Solok Selatan yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan, Fidel Efendi saat pembukaan kegiatan berharap peserta sosialisasi untuk mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baik nya, mengingat pentingnya peranan keamanan informasi pada OPD.

“Jika keamanan informasi longgar. Maka, seluruh informasi daerah akan bocor ke ranah publik” jelasnya.

Kepala Bidang Statistik dan Persandian Dinas Kominfo Solok Selatan, Wesi Marsal menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi ini menghadirkan narasumber dari Dinas Kominfotik Propinsi Sumatera Barat.

Isu terkait persandian dan keamanan informasi OPD yang dipaparkan dalam 3 (tiga) topik. Diantara lain pentingnya keamanan informasi, penerapan tanda tangan elektronik serta penggunaan aplikasi selection pengamanan file.

“Terkait dokumen persuratan di Solok Selatan, kedepan akan menerapkan tanda tangan elektronik,” jelasnya. (rls)

Related posts