Pemkab Solok Selatan Launching Aplikasi Simpeg Solsel Berbasis Andorid dan IOS

Bupati Solok Selatan, Khairunas Launching Aplikasi Simpeg Solsel Berbasis Andorid dan IOS
Bupati Solok Selatan, Khairunas Launching Aplikasi Simpeg Solsel Berbasis Andorid dan IOS

MINANGKABAUNEWS.COM, SOLOK SELATAN – Aplikasi Simpeg Solsel berbasis android dan IOS yang dikembangkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika bersama Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Solok Selatan, diresmikan penggunaannya oleh Bupati Khairunas, yang juga didampingi oleh Wakil Bupati H Yulian Efi, Sekdakab, Asisten, Staf Ahli dan Kepala OPD, Senin (17/01/2022).

Aplikasi Simpeg Solsel ini menerapkan Location Based Service (LBS), sehingga PNS yang menggunakan aplikasi dapat terpantau dan dimonitoring berdasarkan titik koordinat.

Read More

Dengan menerapkan aplikasi ini, diharapkan peningkatan disiplin, kinerja PNS serta untuk meminimalisir kecurangan terhadap kehadiran PNS, kegiatan perjalanan fiktif yang tidak bermanfaat bagi masyarakat, sehingga bisa fokus dalam bekerja dan efisiensi anggaran.

Kepala BKPSDM Solok Selatan, Osmaidi Irwandi, mengatakan dengan memakai system android dan IOS, aplikasi ini akan dapat membantu memudahkan PNS dalam pengambilan presensi karena lebih praktis dan bisa dilakukan ditempat kerja masing-masing, sesuai dengan ruang lingkup koordinat yang telah ditentukan.

Sementara itu, Bupati Solok Selatan Khairunas dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya sistem ini diharapkan seluruh PNS dapat melaksanakan tugas dan fungsi serta memiliki produktifitas kinerja yang tinggi.

“Sistem yang dibangun pasti memiliki celah, namun pemahaman dan kesadaran bahwa PNS menerima gaji dan tunjangan dari uang rakyat, amanah tesebut harus di pertanggungjawaban dunia dan akhirat,” tegas Bupati.

Pada kesempatan Launching tersebut bupati juga menyinggung soal sistem manajemen kinerja PNS, sebelumnya masih berbasis waktu yang menjadi tolak ukur, kurangnya peran atasan langsung untuk mengawasi kinerja bawahan, sehingga target yang telah ditetapkan sering tidak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Namun untuk kedepan, Pemkab Solok Selatan menerapkan sistem Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) sundulan, dimana capaian target kinerja bawahan akan mempengaruhi terhadap pencapaian kinerja atasan langsungnya. (rls)

Related posts