Pemkab Solok Selatan Raih Penghargaan Pencegahan Korupsi Tertinggi

Bupati Solok Selatan, Khairunas Menerima Penghargaan dari KPK RI Terkait Pencegahan Korupsi Tertinggi
Bupati Solok Selatan, Khairunas Menerima Penghargaan dari KPK RI Terkait Pencegahan Korupsi Tertinggi

MINANGKABAUNEWS.COM, SOLOK SELATAN – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mendapat penghargaan sebagai pemerintah daerah dengan Peningkatan Skor Indeks Pencegahan Korupsi atau Monitoring Center for Prevention (MCP) tertinggi se-Sumatera Barat pada Tahun 2021 sebesar 23,26%, meningkat dari Tahun 2020 sebesar 50,33% menjadi 73,59% pada Tahun 2021.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua KPK RI, Firli Bahuri kepada Bupati Solok Selatan, H. Khairunas dalam rapat Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi se-Provinsi Sumatera Barat, bertempat di Auditorium Gubernur Sumatera Barat di Padang, Selasa (21/6/2022).

Read More

Monitoring Center for Prevention (MCP) merupakan salah satu instrumen dalam pemberantasan korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam rangka memonitoring upaya koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi oleh pemerintah daerah.

MCP tersebut meliputi 8 area intervensi yaitu manajemen Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP), yaitu optimalisasi pajak daerah, perencanaan dan penganggaran APBD, pelayanan terpadu satu pintu, manajemen ASN, dan pengadaan barang dan jasa, manajemen aset daerah, dan tata kelola dana desa.

Pada kesempatan tersebut, Bupati H Khairunas menerima tiga penghargaan sekaligus dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia. Selain penghargaan terkait Peningkatan Skor Indeks Pencegahan Korupsi, Pemkab Solok Selatan juga mendapatkan penghargaan pada kategori Sertifikat Tanah Pemerintah Daerah Terbanyak Tahun 2021, serta Kantor Pertanahan dengan Penerbitan Sertifikat Tanah Pemerintah Daerah Terbanyak tahun 2021.

Menurut H Khairunas, penghargaan yang diterima dan diperoleh tersebut merupakan prestasi Pemkab Solok Selatan atas Kerjasama semua pihak secara keseluruhan.

“Penghargaan ini adalah hasil kerja bersama antara Pemerintah Kabupaten Solok Selatan bersama dengan seluruh elemen yang ada, termasuk masyarakat Solok Selatan. Apresiasi oleh KPK yang kita raih berkat ‘team work’ kita semua di Solok Selatan,” ungkap Bupati.

Bupati juga berharap agar momen ini hendaknya dapat lebih meningkatkan integritas pemerintah daerah terutama ASN Pemkab Solok Selatan.

“Terima kasih atas kerja keras dan upaya kita semua, mari terus kita tingkatkan untuk membawa Solok Selatan ‘melompat’ kedepannya, untuk Solok Selatan Maju dan Sejahtera,” pungkasnya. (rls)

Related posts