Pemkab Solok Selatan Tekan MoU dengan Pemkab Padang Pariaman

Penandatanganan MoU Pemkab Solok Selatan bersama Pemkab Padang Pariaman
MoU Pemkab Solok Selatan bersama Pemkab Padang Pariaman

MINANGKABAUNEWS.COM, SOLOK SELATAN – Bupati Solok Selatan, H Khairunas melakukan kerjasama dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemkab Padang Pariaman, bertempat di Hall IKK Kantor Bupati Padang Pariaman, Senin (28/3/2022).

Dalam sambutannya, Khairunas mengatakan bahwa dalam tahun ini Pemkab Solok Selatan juga telah menandatangani MoU dengan beberapa daerah kabupaten/kota di Sumatera Barat.

Read More

Kerjasama tersebut dengan tujuan untuk mempelajari beberapa hal tentang pelayanan publik.

“Hari ini juga langsung ditindaklanjuti dengan penandatangan perjanjian kerjasama OPD terkait, antara Disdukcapil dan Diskominfo Padang Pariaman dengan Solok Selatan,” sebut Bupati Khairunas.

Dengan ditandatanganinya MoU dengan Pemkab Padang Pariaman, OPD-OPD lain juga diminta untuk dapat menindaklanjuti melalui kerjasama pada sektor lainnya.

Salah satu bentuk kerjasama, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil telah ditandatangani kerjasama replikasi inovasi Nagari Go Digital, sedangkan untuk Dinas Kominfo perjanjian terkait pengembangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Smart City.

“Kami berkomitmen untuk mendorong pelayanan publik yang lebih baik. Bappeda, BPKD, Disdukcapil, Diskominfo dan OPD lain agar segera mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk anggaran yang harus disediakan. Tujuannya agar Solok Selatan juga bisa meningkatkan pelayanan publik seperti bidang layanan administrasi kependudukan,” ungkap Bupati.

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, menyambut baik niat Pemkab Solok Selatan. Beliau menjelaskan bahwa Kita terus berupaya untuk memacu berbagai pembangunan dan memudahkan berbagai pelayanan kepada masyarakat.

Seperti keberadaan Disdukcapil sendiri adalah memudahkan pelayanan administrasi kepada masyarakat. Demikian juga keberadaan dinas-dinas lain seperti kominfo, dinas kesehatan dan lainnya.

Lebih lanjut Suhatri Bur menjelaskan, bahwa Disdukcapil Kabupaten Padang Pariaman telah mendapatkan 2900 lebih poin dalam penilaian inovasi. Ditambah lagi hari ini bertambah 9 inovasi, sehingga poin inovasi juga semakin meningkat. Sementara itu, Diskominfo Padang Pariaman juga mendapatkan penghargaan dari Kementerian Kominfo terkait Smart City.

“Tahun ini ada 14 penghargaan terkait inovasi dari pusat dari berbagai OPD. Dan yang pasti harus didukung dengan SDM dan juga anggaran yang memadai, agar hasil yang dicapai juga bisa lebih maksimal,” tutur Suhatri.

Karena kemauan dan kerja keras bersama, Pimpinan dan para OPD, Insya Allah bisa kita lahirkan inovasi-inovasi.

Turut hadir pada acara ini, Wakil Bupati Padang Pariaman, Sekdakab Padang Pariaman, Sekdakab Solok Selatan, dan para kepala OPD. (rls)

Related posts