Pemkab Solsel Dorong UMKM Naik Kelas

  • Whatsapp

Padang Aro (Minangkabau news) – Komitmen pemerintah untuk memajukan UMKM di Solok Selatan terus dilakukan. Dalam menyambut ulang tahun Kabupaten Solok Selatan ke-20 tahun ini, pemerintah pun menyelenggarakan peran UMKM serta Lomba UMKM Inspiratif.

Bupati Solok Selatan Khairunas mengatakan pemerintah terus mendorong UMKM untuk terus naik kelas. Jangan sampai hanya berpuas diri pada tahap ini saja, harus bisa terus berinovasi dan merambah ke pasar yang lebih luas.

“Dalam rangkaian kegiatan HUT ke-20 Kabupaten Solok Selatan ini secara konsisten melibatkan UMKM. Karena dengan adanya even-even yang dilaksanakan akan mengundang banyak orang untuk berkunjung yang otomatis juga akan menggenjot perekonomian UMKM,” kata Khairunas di RTH Solok Selatan di Padang Aro, Rabu (3/1/2023).

Menurutnya, UMKM yang ada di Solok Selatan saat ini memiliki potensi besar dalam mengembangkan perekonomian daerah. Sebab itulah pemerintah terus mendorong muncul lebih banyak pelaku usaha di daerag ini.

Pesannya, paara pelaku UMKM tak berhenti untuk berinovasi dan terus meningkatkan kualitas produknya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda mengatakan setiap kegiatan yang dilaksanakan diharapkan bisa menimbulkan efek domino terhadap perekonomian daerah.

“Pemerintah sudah memfasilitas UMKM sehingga diharapkan bisa menimbulkan efek domino pada ekonomi daerah. Selain itu ulang tahun daerah ini juga bisa dijadikan sebagai ajang untuk mempromosikan produk UMKM lokal,” paparnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Akmal Hamdi menyebutkan dalam pameran kali ini terdapat 17 UKM yang terlibat. Di samping juga 44 peserta Lomba UMKM Inspiratif yang ikut serta.

“UMKM yang ikut dalam pameran saat ini adalah UMKM yang sudah naik kelas. Naik kelas ini artinya UMKM yang sudah memenuhi standar dan menembus pasar yang lebih luas,” kata Akmal.

Kriteria UMKM yang terlibat dalam pameran oini adalah sudah memiliki standar yang ditetapkan, memiliki izin NIB, sertifikasi halal, dan izin PIRT dari Dinas Kesehatan.

“Jadi UMKM yang sudah ikut pameran saat ini sekarang sudah memenuhi standar untuk bisa proses edar,” ungkapnya.

Beberapa UMKM yang ikut dalam pameran ini antara lain:
– Kopi Jogoroso
– Green coffee
– Kopi Jangguik
– Sari Jahe Merah Bunda Yuni
– Wers.id
– Yukira Crose
– Mardiati Amai
– Seblak Kering SR
– Sentra IKM Makanan Ringan
– Eki Kreasi
– Yanti Bordir
– Azyanu Batik Minang

Kegiatan pameran ini dilaksanakan 3-7 Januari 2024 nanti. Sedangkan Lomba UMKM Inspiratif ini dilakukan selama dua hari, 3-4 Januari 2024.


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts