Pemkab Tanah Datar Dukung Penguatan Satu Data Indonesia

MINANGKABAUNEWS.COM, TANAH  DATAR – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tanah Datar bekerjasama dengan Dinas Kominfo Provinsi dan Badan Pusat Statistik Tanah Datar gelar sosialisasi dan bimbingan teknis nagari statistik bagi perangkat nagari dan se Kecamatan Salimpang dan Lima Kaum pada Kamis-Jumat (29-30/9/2022).

Sosialiasi dibuka secara resmi oleh Asisten Administrasi Umum Ir. Helfi Rahmi Harun mewakili Bupati Tanah Datar Eka Putra.

Read More

Turut hadir Kadis Kominfo Sumatera Barat atau yang mewakili sekaligus narasumber, Sekretaris Kominfo Tanah Datar, Kepala Baperlitbang, Kepala BPS Tanah Datar, jajaran Dinas Kominfo Tanah Datar, Wali Nagari se Kecamatan Salimpaung, dan Wali Nagari se Kecamatan Lima Kaum, dan lainnya.

Dalam sambutannya, Rahmi mengatakan sebagaimana peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI), Pemkab Tanah Datar mendukung penguatan tersebut dimulai dari pemerintahan nagari dan kecamatan.

“Dengan harapan akan menghasilkan data Kabupaten Tanah Datar menuju satu data Indonesia yang terpadu, mudah diakses, dikelola secara seksama, terintegrasi, dan berkelanjutan,” katanya.

Salah satu bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Tanah Datar kata Rahmi, untuk penguatan satu data Indonesia, pemerintah daerah telah menetapkan peraturan Bupati Tanah Datar no 3 tahun 2022 tentang penyelenggaraan satu data Indonesia tingkat daerah.

Pemkab Tanah Datar juga telah menetapkan Nagari Cubadak sebagai nagari statistik percontohan di tahun 2021.

Ia berharap, sosialisasi dan bimtek bagi tersebut bertujuan agar perangkat nagari dan kecamatan lebih paham statistik dan dapat melahirkan komunitas cinta statistik di nagari ataupun kecamatan.

“Sehingga dapat bertransformasi menjadi subyek pembangunan sehingga berbagai kebijakan dan pembangunan yang dilakukan harus mampu menjawab permasalahan yang sedang terjadi dan program-program yang ditawarkan oleh pemerintah menjadi tepat sasaran,” harapnya.

Sebelumnya Kadis Kominfo yang diwakili Sekretaris Lovely Harman Z. ST. MT menyampaikan sosialisasi dan bimbingan teknis nagari statistik dilakukan bagi perangkat nagari se Kecamatan Salimpang dan Lima Kaum.

Tujuan sosialisasi agar perangkat nagari dan kecamatan lebih memahami statistik dan dapat melahirkan komunitas yang melahirkan statistik.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Dinas Kominfo Sumbar, dan BPS Tanah Datar.(Mi/KmfoTd)

Related posts