Pemko Bukittinggi Gelar Sosialisasi Aplikasi Layanan Online Adminduk, Ini Sasarannya

MINANGKABAUNEWS.COM, BUKITTINGGI – Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, luncurkan aplikasi layanan online, menduplikasi program dari Kabupaten Padang Pariaman. Untuk langkah awal dilakukan sosialisasi aplikasi layanan online administrasi kependudukan dan pencatatan sipil bagi aparatur kecamatan dan kelurahan se Bukittinggi, di Aula Balaikota, Selasa, (2/8/2022).

Kepala Disdukcapil Bukittinggi Emil Achir mengatakan, aplikasi layanan online administrasi kependudukan dan capil ini, bertujuan untuk lebih memudahkan pelayanan terhadap masyarakat.

Read More

Ia menjelaskan, untuk tahap awal ini, diberikan sosialisasi aplikasi layanan online administrasi kependudukan dan pencatatan sipil bagi aparatur kecamatan dan kelurahan se Bukittinggi.

“Ini merupakan salah satu upaya mewujudkan bagaimana niat Wali Kota Bukitinggi untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan di mana saja, menggunakan android,” tutur Emil.

Sementara itu Wali Kota Bukittinggi Erman Safar menyampaikan, teknologi sudah menjadi bagian penting dari kehidupan.

“Saat ini banyak sekali program berbasis aplikasi untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses apapun, baik itu berbelanja, transportasi, kesehatan dan lainnya,” ucap Erman.

Ia sebut, aplikasi layanan online, dapat memudahkan warga mengurus adminiatrasi kependudukan tanpa harus ke kantor capil. Aplikasi ini tentunya akan melebur dan mendukung Sistem Bukittinggi Hebat yang saat ini tengah disusun.

Kabupaten Padang Pariaman, kata Erman Safar sejak 2019 sudah lebih dulu dan saat ini membantu Bukittinggi dalam menduplikasi program tersebut.

“Terima kasih pada Kabupaten Padang Pariaman untuk sharing ilmu nya ini,” sebut  Wako Erman mengakhiri.

Related posts