Pemko Gelar Lomba Bercerita bagi Lansia dan Pelajar se Bukittinggi

MINANGKABAUNEWS.COM, BUKITTINGGI Pemerintah Bukittinggi (Pemko) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bukittinggi menggelar lomba bercerita bagi lansia dan pelajar SMP se Bukittinggi, bertempat di Balairung Rumah Dinas Wali Kota, Rabu (3/8/2022).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
Bukittinggi Johnni, didampingi pustakawan ahli muda Maswardi menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-77, dengan tema: “Perjuangan Mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan Pada Zaman Milenial.”

Read More

Kegiatan tersebut diinisiasi oleh lbu Ketua TP.PKK Kota Bukittinggi untuk mengaktifkan para lansia di Bukittinggi. Lomba ini diikuti peserta satu lansia satu kelurahan dan perwakilan dari 11 SMP.

“Satu peserta diberikan waktu 10 menit untuk bercerita,” jelasnya.

Sementara itu Wali Kota Bukittinggi Erman Safar menyampaikan, kegiatan membaca seharusnya lebih bisa diperluas lagi. Karena saat ini bisa dinilai, membaca menjadi kegiatan yang minim dilakukan oleh masyarakat.

“Ini menjadi salah satu bagian dari literasi,” ucap Erman.

Ia sebut, banyak manfaat dari kegiatan ini, terutama bagi para lansia, untuk mengaktifkan kembali memori memori, untuk bisa melawan lupa. Sementara, untuk pelajar, tentu bisa menimbulkan keberanian tampil di depan forum.

“Membaca memang harus dipaksakan. Karena dengan membaca, banyak ilmu dan informasi yang bisa didapat, apalagi tentang sejarah perjuangan,” sebut Erman.

Dengan menceritakan sejarah, kejadian di masa lalu tentang upaya pahlawan merebut kemerdekaan, dapat diketahui generasi muda. Sehingga ada rasa cinta terhadap tanah air, menghargai pahlawan dan berupaya mempertahankan kemerdekaan, tambah Erman.

Para peserta dinilai oleh dewan juri, Almujafri Surau, Zulzetri dan Lili Asnita.

Related posts