Pemko Klaim Pengendalian Pandemi Covid-19 di Padang Panjang Membaik

  • Whatsapp
Sharing sesi ke ombudsman.

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG PANJANG — Dalam pengendalian pandemi Covid-19 di Kota Padang Panjang sudah menunjukan kondisi membaik.

Demikian disampaikan Sekdako, Sonny Budaya Putra, A.P. M.Si mewakili Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA  saat sharing session bersama Ombudsman.

Read More

Sharing session digelar Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Barat dengan narasumber anggota Ombudsman RI, Indraza Marzuki Rais, Alamsyah Saragih, Ketua Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand), dr. Andani Eka Putra, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, dan Epidemiologi dan Dekan FKM Unand, Defriman Djafri, melalui Zoom Meeting, Kamis (19/8/2021).

Selain itu juga ada perwakilan kepala daerah, seperti bupati Dharmasraya, Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat, dan wali Kota Padang.

Sonny mengatakan, untuk Kota Padang Panjang, penanganan Covid-19 dalam kondisi baik, dalam dua minggu terakhir sudah bisa dikendalikan. Terbukti dengan angka kasus konfirmasi dari 400 lebih, sekarang sudah mencapai angka 190-an.

“Vaksinasi di Padang Panjang juga menunjukan angka yang baik, dengan peringkat satu di Sumbar. Selain itu kita juga mengarahkan ke Satuan Tugas (satgas) di kelurahan memantau warga yang melakukan isolasi mandiri (isoman) untuk tetap di rumah melakukan isoman dengan baik,” jelasnya.

Sementara itu, dr. Andani menjelaskan, kondisi Sumbar saat ini lebih kepada proses alamiah. Semenjak tiga minggu terakhir, angka positifity rate semakin menurun, dari tertinggi 33% sekarang sudah menduduki angka 16%.

“Kita lihat positifity rate kita semakin hari semakin menurun, ini bagus. Angka statistiknya bisa dikatakan bagus, karena semakin lama terus turun,” tuturnya.

Namun angka kasus konfirmasi terus tinggi, Andani menyebutkan, ada beberapa faktornya. Munculnya varian baru yang sangat mudah menyebar, perilaku masyarakat yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan, tracing yang tidak maksimal, dan kedisiplinan isolasi.

Sementara itu, untuk testing, Sumbar termasuk empat terbanyak di tingkat nasional. Di Sumbar yang terbanyak ada di Kota Padang.

“Untuk saat ini kita Sumbar sudah mencapai angka yang baik untuk melakukan tes PCR. Kita termasuk ke dalam empat terbanyak yang melakukan tes PCR di nasional,” timpal Wagub Audy.

Ia juga menyebutkan, salah satu kunci dalam penanganan Covid-19 ini yaitu vaksinasi. Akhir-akhir ini dilihat angka kasus konfirmasi Covid-19 sudah mulai turun dan angka kesembuhan makin hari makin tinggi. Dan juga angka testing termasuk tinggi nasional. (Edi Fatra/tia)

Related posts