Pemko Pariaman Konsisten Urusi Program Pemenuhan Hak Anak

  • Whatsapp
Walikota Pariaman, Genius Umar. (Foto: Istimewa)

MINANGKABAUNEWS.COM, PARIAMAN – Pemerintah kota Pariaman, Sumatera Barat, berdasarkan intruksi Walikota, Genius Umar, memastikan keseriusan dan akan selalu konsisten dalam mengurusi program pemenuhan hak anak.

Hal itu disampaikan walikota Pariaman, Genius Umar mengikuti Verifikasi Lapangan Hybrid (VLH) evaluasi Kota Layak Anak Tingkat Nasional untuk Kota Pariaman Tahun 2021 di ruang rapat Balaikota Pariaman, Senin (14/6).

Read More

Genius menyebut, Kota Pariaman sebagai Kota Layak Anak (KLA) merupakan kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha.

Program itu, katanya, terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak. Tujuannya, yaitu agar memenuhi kebijakan, program dan kegiatan dalam menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak.

Pihaknya bersama dengan seluruh stakeholder, mulai dari DPRD, instansi vertical, Polres, Kejaksaan, OPD, Kecamatan, Desa/Kelurahan, BUMN/BUMD, Swasta, Perbankan, LKAAM membuat komitmen pemenuhan hak anak di Kota Pariaman.

“Keberhasilan Program KLA di Kota Pariaman telah terbukti dengan mendapatkan penghargaan kota layak anak strata madya sebanyak 6 Kali, sejak tahun 2016 lalu,” sebut Genius.

Selain itu, Kota Pariaman sudah mempunyai Pusat Informasi Layak Anak (PISA), termasuk Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) yang tersertifikasi Kementerian PPPA Tahun 2019 lalu, yaitu RBRA yang berada di Pantai Cermin.

Walikota menambahkan, ia selama ini juga banyak membuat kebijakan yang berpihak dan memperhatikan hak-hak anak. Mulai dari Peraturan Walikota (Perwako), sampai Peraturan Daerah (Perda) untuk mendukung program dimaksud.

“Program ini juga ditunjang dengan penyertaan anggaran dalam APBD. Tentu hal ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak, khususnya DPRD Kota Pariaman sebagai lembaga yang mempunyai fungsi legislasi dan budgeting,” sebutnya.

Lulusan S2 UGM dan S3 di IPB ini juga menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Pariaman bersama DPRD Kota Pariaman, telah mengeluarkan 6 (enam) Perda menyangkut pemenuhan Hak Anak di Kota Pariaman.

“Besar harapan kami, agar program KLA yang digagas oleh Kementerian PPPA RI, untuk Tahun 2021 ini, Kota Pariaman dapat meningkatkan stratanya, dari Strata Madya, menjadi Strata Nindya,” pintanya kepada Tim Penilai dari Kementerian PPPA RI yang hadir secara virtual. []

Related posts