Pemko Pariaman Pastikan Sholat idul Fitri 1443 H Dilangsungkan Di Lapangan Merdeka

MINANGKABAUNEWS.COM,Pariaman – Jelang pelaksanaan Malam Takbiran dan Sholat Hari Raya Idul Fitri (Ied) 1443 H / 2022 M berjamaah di Lapangan Merdeka Pariaman, Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kota Pariaman menggelar rapat finalisasi di ruang rapat walikota pariaman, Rabu (27/4/2022).

Yaminurizal Mewakili Ketua PHBI Kota Pariaman mengatakan, meskipun Muhammadiyah telah mengumumkan 1 Syawal 1443 H jatuh pada tanggal 2 Mei 2022, pelaksanaan malam takbiran dan shalat idul fitri di Kota Pariaman akan dilaksanakan menunggu pengumuman dari pemerintah.

Ia mengatakan, sudah dapat dipastikan pelaksanaan kegiatan malam takbiran dan sholat ied tahun ini dipusatkan di Lapangan Merdeka Pariaman.

“Pemkot Pariaman memutuskan malam takbiran disepakati tidak berkeliling, hal ini dilakukan demi menghindari kemungkinan terjadinya kecelakaan kalau dilakukan secara berkeliling ,” ujarnya.

Sholat ied berjamaah akan dimulai jam 08.00 WIB hingga selesai dengan bertindak sebagai Khatib Ustadz Syofyan Jamal (Ketua MUI Kota Pariaman) dan Imam Tk Baharuddin.

Kita berharap semoga cuaca bagus dan tidak terjadi hujan, jika hujan maka sholat ied akan dialihkan ke masjid terdekat yakni Masjid Darul ma’rif (tapi aie) dan Masjid Nurul Bahri di Pantai Gandoriah.

Mantan Kepala Bappeda Kota Pariaman ini juga  meminta setiap opd terkait untuk menyiapkan segala keperluan sarana dan prasarana di lokasi acara. Terutama kami instruksikan kepada Dinas Perhubungan untuk rekayasa lalu lintasnya agar tidak terjadi macet, mengingat ramainya masyarakat yang datang selama kegiatan berlangsung.

Ia juga minta pihak PLN Pariaman untuk memfasilitasi penerangan selama malam takbiran berlangsung di Lapangan Merdeka tersebut. 

Tak hanya itu, untuk pengawalan sekaligus pengamanan malam takbiran pihaknya meminta khusus pihak TNI bekerjasama dengan POLRI akan siap mengawal dan mengamankan sampai kegiatan selesai.

“Kita akan mengerahkan personil dalam rangka mencegah dari hal-hal yang dapat merugikan kita semua. Semoga kegiatan ini berjalan sukses ,” tukasnya mengakhiri.

 

Rapat dipimpin oleh Asisten I Setdako Pariaman, Yaminurizal, dihadiri Asisten II Setdako Pariaman, Elfis Candra, Kakankemenag Kota Pariaman, Rinalfi, Kabag Kesra, Syamsuardi, Ketua MUI Kota Pariaman, Sofyan Jamal, Kodim, Polres, dinas terkait dan camat.

Related posts