Pemko Solok Budidayakan Varietas Anak Daro

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Pemerintah Kota Solok budidayakan varietas padi jenis anak daro, dimulai dengan melakukan penanaman secara simbolik varietas padi ini oleh Walikota Solok Zul Elfian Umar, Senin (30/8/2021) di Sawah Solok.

Varietas padi jenis anak daro ini sudah memiliki hak paten yang dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manusia Republik Indonesia pada tahun 2018 dengan nama Bareh Solok.

Read More

Hak paten varietas anak daro ini meliputi dua daerah, yakni Kota Solok dan Kabupaten Solok. Diantaranya dua kecamatan di Kota Solok dan empat kecamatan di Kabupaten Solok.

Ditemui MinangkabauNews.com seusai penanaman padi jenis anak daro ini, Wako mengatakan penanaman varietas anak daro ini dalam rangka mendukung ketersediaan beras anak daro IG (Indikasi geografis).

“Hak paten jangan menjadikan kita lalai dalam mengembangkan varietas anak daro di area pertanian Sawah Solok dan tempat lainya di Kota Solok. Kita harus mendukung pengembangan varietas anak daro IG ini,” katanya.

Selain itu, Wako juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada petani Kota Solok yang mendukung dan bekerja keras dalam membudidayakan varietas anak daro.

“Dengan dikembangkanya varietas anak daro diharapkan kesejahteraan petani ikut pula meningkat. Kedepan Dinas Pertanian Kota Solok punya tanggungjawab besar mengembangkan varietas anak daro dan lainya,” ujarnya.

Related posts