Pemko Solok Manjakan UMKM Dengan Pinjaman Tanpa Boroh dan Bunga

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Pemerintah Daerah Kota Solok via Bagian Perekonomian Setretariat Daerah Kota Solok kembali melakukan inovasi terhadap UMKM.

Inovasi tersebut dilahirkan dalam upaya mencegah UMKM terjerat utang berbunga tinggi pada renteniran. Selain itu pinjaman modal usaha pada Bank Nagari tersebut tanpa Boroh atau jaminan.

Read More

Inovasi ini merupakan ide Kepala Bagian Perekonomian, Milda Murniati, didukung Ketua Baznas Kota Solok M. Zaini, bekerjasama dengan Bank Nagari Solok.

Di temui MinangkabauNews.com, Rabu (2/11/2022), di Balaikota Solok, Kabag Perekonomian Setdako Solok, Milda Murniati, menuturkan inovasi yang dilahirkan untuk membangkitkan kembali geliat ekonomi pasca pandemi COVID-19.

Kemudian mencegah UMKM terjerat utang pada rentenir yang menyebabkan riba, sehingga dikawatirkan UMKM gagal bayar akibat bunga tinggi.

Belakangan ini, kata Milda, geliat ekonomi masyarakat cukup tertekan pandemi COVID-19 plus minimnya modal usaha. Sehingga perkembangan UMKM terkesan jalan ditempat yang berdampak pada peningkatan inflasi.

“Data Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Solok terdapat sebanyak 308 usaha kecil menengah di Kota Solok. Dan sebagian besar dari UKM ini meminjam pada renteniran. Sehingga memberatkan dalam melakukan pembayaran dan pelunasan karena dibebani dengan bunga tinggi dan Boroh” ungkap Milda.

“Untuk mencegah agar UKM tidak terjerat rentenir, kami di Bagian Perekonomian dibantu Baznas Kota Solok melahirkan inovasi pada UKM berupa pinjaman tanpa Boroh dan bunga. Insya Allah Jumat depan akan dilakukan launching” ujar Mantan Ketua Bundo Kanduang ini.

Lebih lanjut Milda menyebutkan, kelebihan dari pinjaman pokok UMKM pada Bank Nagari dibayarkan oleh Baznas Kota Solok, dan Bank Nagari memberikan pinjaman pada UKM tanpa Boroh atau jaminan.

“Bagi UMKM yang belum terdata di Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Solok diharapkan segera melaporkan usahanya pada Dinas tersebut, agar bisa mendapatkan pinjaman tanpa Boroh dan Bunga dari pihak bank” himbaunya.


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts