Pemudik Diizinkan Masuk Jakarta, Asalkan..

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, JAKARTA — Operasi penyekatan dalam rangka mudik Lebaran 2021 akan berakhir pada Jumat (14/5/2021).

Demikian disampaikan oleh Kepada Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus.

“Operasi penyekatan mudik berakhir malam ini yang ada di beberapa titik di tol maupun yang arah keluar Jakarta,” kata Kombes Yusri kepada wartawan, Jumat (14/5).

Berakhirnya operasi penyekatan ini, juga ditandai dengan kembali dibukanya jalan layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) arah Cikampek mulai malam ini.

Diketahui, jalan layang tersebut ditutup sejak 6 Mei lalu dalam rangka pengendalian transportasi guna membatasi pergerakan arus lalu lintas keluar dan masuk Jabotabek

“Flyover yang dari KM 10, tol layang MBZ itu mulai dibuka malam ini yang arah ke Cikampek,” ucap Kombes Yusri.

Kemudian, Kombes Yusri menyampaikan kepolisian akan melakukan pemeriksaan kendaraan dalam arus balik Lebaran mulai hari Minggu (16/5) mendatang.

Kombes Yusri menegaskan kepada para pemudik yang akan kembali ke Jakarta wajib untuk membawa surat hasil swab antigen dengan hasil negatif.

“Warga Jakarta yang mudik yang akan masuk ke Jakarta diwajibkan membawa surat antigen bebas Covid-19 dari daerah di mana mereka mudik, diperlihatkan surat bebas covid
titik pemeriksaan,” tuturnya.

Nantinya pemeriksan bakal dilakukan di KM 34 Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta. Kemudian, pemeriksaan juga dilakukan di Pos Cikupa.

Untuk ruas jalan arteri, pemeriksaan surat bebas Covid-19 akan dilakukan di Jatiuwung serta Kedungwaringin.

“Teknisnya semua kita lakukan pemeriksaan, bahwa semua pengendara wajib memperlihatkan surat bebas Covid-19,” ucap Kombes Yusri.

Kombes Yusri mengimbau kepada pemudik untuk lebih dulu melakukan swab antigen di daerahnya sebelum melakukan perjalanan kembali ke Jakarta.

Hal ini bertujuan untuk memudahkan proses pemeriksaan dan mencegah terjadinya penumpukan kendaraan.

“Tapi kalau tidak ada kita akan buka drive thru dan random sampling untuk swab antigen, tapi untuk lebih memudahkan supaya tidak terhambat di jalan, tidak terjadi kemacetan sebelum berangkat sebaiknya dilakukan swab antigen,” tutur Kombes Yusri.

Dia juga menambahkan kepada masyarakat yang selesai melaksanakan mudik dan lolos dari penyekatan maka dilakukan kegiatan swab antigen dilakukan tenaga kesehatan,

Selain itu Polda Metro Jaya menyiapkan swab antigen gratis bagi para pemudik yang sudah balik ke Jakarta.

Related posts