Pendidikan Karakter, Pemko Sawahlunto Komitmen Dukung Peningkatan Kualitas SDM Guru dan Pelajar

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, SAWAHLUNTO – Memfasilitasi peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi guru dan pelajar SD – SMP, Pemko Sawahlunto melalui Dinas Pendidikan menyelenggarakan kegiatan pendidikan karakter, yang dibuka langsung oleh Walikota Sawahlunto Deri Asta bersama Sekretaris Daerah Dr.dr. Ambun Kadri, pada Senin 20 September 2021 tadi di Aula Dinas Pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto, Asril, melaporkan bahwa kegiatan yang berlangsung 20 sampai 29 September 2021 ini diikuti oleh 187 orang guru dan pelajar SD – SMP. Dengan rincian ; 25 orang guru SMP, 62 orang guru SD, 50 orang pelajar SD dan 50 orang pelajar SMP.

Read More

“Ini kita bagi di 2 tempat. Bagi guru itu di Aula Dinas Pendidikan ini, kalau untuk pelajar itu di Aula Kantor Camat Barangin,” kata Asril.

Untuk instruktur/pemateri dalam kegiatan pendidikan karakter ini, seperti yang disebutkan Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan, Rafki Rusdian, yakni Inner Drive SQ Padang.

“Pelaksanaan kegiatan ini kita dengan penerapan protokol kesehatan. Ini juga yang membuat untuk peserta itu kita batasi sesuai kapasitas ruangan sehingga tidak terlalu ramai dan bisa dilakukan jaga jarak,” ujar Rafki Rusdian.

Walikota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan kegiatan pendidikan karakter yang termasuk dalam program inovasi Dinas Pendidikan ini merupakan salah satu tindak lanjut dari misi Pemko Sawahlunto nomor 3, yakni mewujudkan pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang beriman, kreatif dan berdaya saing.

Pendidikan karakter ini sama pentingnya dengan pendidikan secara akademis. Sehingga Pemko Sawahlunto berkomitmen dalam mengupayakan mendukung terselenggaranya pendidikan karakter bagi guru dan pelajar Sawahlunto. Kegiatan yang kita lakukan sekarang ini merupakan salah satu realisasi dukungan tersebut, kata Walikota Deri Asta.

Tindak lanjut komitmen tersebut, Walikota Deri Asta mengarahkan Dinas Pendidikan untuk kembali melaksanakan program pendidikan karakter tersebut pada 2022 nanti.

“Dalam menghadapi bonus demografi ke depan, pendidikan karakter ini juga menjadi bekal yang sangat perlu,” ujar Walikota Deri Asta.(atra)

Related posts