Penerapan Digitalisasi, Pemko Padang Luncurkan Aplikasi e-Payment

  • Whatsapp
Penandatanan MoU dan peluncuran e-payment di rumdis Wali Kota Padang, Senin, (20/9)

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG — Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Padang tengah meluncurkan aplikasi e-payment untuk pembayaran retribusi menara telekomunikasi (tower).

Selain peluncuran e-payment juga dilakukan penandatanganan MoU oleh Direktur PT Tower Bersama, Budianto Purwahjo di Jakarta dan Wali Kota Padang Hendri Septa di Rumdis Padang, yang disaksikan Perwakilan BI Sumbar dan BNI Cabang Padang, Senin, (20/9/2021).

Read More

Acara dihadiri secara luring Wali Kota Padang, Kepala Cabang BNI Padang, Joko Teguh Sambodo. Dan daring bersama kepala Tower Bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Barat, Wahyu Purnama.

Wali Kota Padang, Hendri Septa mengatakan semenjak Presiden memeeintah untuk maksimalkan digitalisasi tahun 2016, kita berupaya seluruh OPD penghasil OPD menggunakan aplikasi digital dan mengurangi penggunaan kertas.
“Seluruh OPD diharapkan bisa menerapkan sistem digitalisasi,” ujarnya

Ada 447 tower dibawa nauangan Diskominfo, sistem pembayaran dilakukan melalui e-payment dan paper less.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Padang Rudy Rinaldy mengatakan dengan e-payment ini maka pembayaran retribusi menara telekomunikasi oleh seluruh provider dapat dilakukan secara virtual.

“Jadi tidak bawa uang tunai lagi. Ada Rp2 miliar lebih uang yang akan disetorkan ke kas daerah yang akan dibayarkan secara virtual,” tutur Rudy Rinaldy.

Program E-payment ini menggandeng PT Tower Bersama, BNI Padang dan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat.

Rudy berharap, dengan sistem pembayaran e-payment ini bisa memberikan kemudahan bagi provider dalam melakukan pembayaran.

Di samping itu aplikasi ini akan memberikan kemudahan, juga untuk mencegah atau mengantisipasi penyebaran COVID-19 mengingat uang bisa menjadi salah satu media penularan dari COVID-19/

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Barat, Wahyu Purnama berharap Padang berada di level digital karena mau tidak mau di wabah pandemi kita harus masuk pada digitalisasi.

Wahyu mengatakan selaras dengan E-payment, BI juga meluncurkan sistem pembayaran terbaru yakni BI Fast Payment. Sistem pembayaran ini akan menggantikan sistem pembayaran BI kliring yang selama ini dimiliki bank sentral.

Related posts