Penerapan Kreativitas Digital, Mahasiwa Fisip Unand Gelar Pengabdian Masyarakat kepada UMKM Padang

  • Whatsapp
Mahasiswa Fisip Unand
Mahasiswa Fisip Unand gelar pengabdian masyarakat ke UMKM Kota Padang.

MINANGKABAUNEWS, PADANG – Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi konsentrasi Public Relations FISIP Universitas Andalas kembali mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, khususnya untuk para penggiat UMKM di Kota Padang, dengan mengusung tema ‘Pelatihan E-commerce dan Merancang Pesan Persuasif dan Konten Kreatif Digital Marketing’ Rabu (20/10/2021) yang dihadiri oleh oleh Kepala Bidang pemberdayaan UKM Dinas Koperasi dan UKM Kota Padang, Rina melati serta 8 UMKM di Kota Padang.

Acara ini digelar secara langsung di Café TedexRimbun, Ulak Karang dan disiarkan secara langsung melalui akun YouTube Ilmu Komunikasi Unand. Kegiatan pengabdian ini merupakan acara tahunan yang dilakukan di daerah-daerah di Sumatera Barat oleh dosen serta mahasiswa Ilmu Komunikasi, dan merupakan kegiatan yang ke-2 yang telah dilaksanakan di Kota Padang.

Read More

Kegiatan ini dimulai dengan kata sambutan oleh Emeraldy Chatra selaku ketua tim pelaksana kegiatan dan juga merupakan salah seorang narasumber. Ia menilai UMKM merupakan kekuatan ekonomi yang dimiliki masyarakat, terlebih selama pandemi Covid-19.

“Namun, meningkatknya jumlah UMKM yang ada justru menimbulkan persaingan yang ketat. Oleh karenanya kita harus mampu melakukan perubahan cara berbisnis atau memasarkan produk, salah satunya dengan memanfaatkan internet atau digital marketing,” kata Emeraldy.

“Jangkauan internet yang luas serta mampu menghubungkan orang dari belahan dunia manapun, dinilai mampu memperluas jangkauan pasar kita nantinya. Bapak Emeraldy juga menyebutkan bahwa dalam melakukan digital marketing, kita perlu menekankan kekuatan brand dengan melakukan branding. Branding merupakan bentuk bagaimana citra produk atau brand kita di mata konsumen, oleh karenanya kita perlu menciptakan positif branding terhadap brand yang kita miliki. Ada hal lainnya yang tak kalah penting, yakni peningkatan kualitas produk. Kualitas produk akan menentukan loyalitas pelanggan terhadap brand nantinya,” jelasnya.

Hal yang telah disampaikan Emeraldy kemudian diamini oleh Revi Marta selaku narasumber kedua. Ia menjelaskan bahwa harus memaksimalkan media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Instragram dan lainnya.

“Dalam melakukan digital marketing di media sosial, kita harus mengetahui terlebih dahulu siapa yang akan menjadi target pemasaran serta media mana yang cocok digunakan. Dalam melakukan promosi pada media sosial kita juga harus mampu menarasikan produk kita kepada para calon konsumen atau dikenal dengan istilah ‘How to Communicate Your Brand’,” ujar Revi Marta.

“Jangan lupa untuk mencatat target pencapaian setiap bulannya, serta kita harus mampu memanfaatkan setiap kesempatan yang ada. Beliau menekankan bahwa covid bukan badai usaha, namun covid apa yang harus dimanfaatkan oleh para pengusaha. Artinya pengusaha harus mampu bertahan di tengah pandemi dengan menciptakan ide terbaru, membuat konten yang menarik serta memaksimalkan e-commerce,” tambahnya.

“Untuk pemanfaatan digital marketing secara maksimal, tentunya kita juga harus mampu menghasilkan konten yang menarik,” katanya.

Para peserta UMKM yang terlibat pada pelatihan ini, harus mempraktekkan secara langsung bagaimana cara mendesign konten yang dipandu langsung oleh Ilham Havivi selaku narasumber ketiga. Pembuatan design hanya mengandalkan aplikasi Canva yang ada di handphone. Selain pelatihan mengenai design, peserta juga dibekali dengan pelatihan mengenai bagaimana membuat caption yang baik dan menarik pada postingan produk. Materi mengenai copywriting sendiri disampaikan oleh Nazlia Tifany, salah seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi yang ikut pada kegiatan pelatihan.

Kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh Ilmu Komunikasi Unand merupakan pengabdian yang bersifat jangka menengah, yang mana peserta pelatihan akan dipantau selama beberapa minggu ke depan. Para peserta akan dilihat sejauh mana berprogress serta pemahaman yang mereka terima selama pelatihan. Ilmu Komunikasi Unand sangat berharap agar UMKM di Kota Padang dapat lebih maksimal dalam melakukan pemasaran sesuai perkembangan zaman dan memiliki bekal ilmu yang memadai tentang digital marketing, sehingga akan membantu meningkatkan penjualan mereka nantinya. (*)

Related posts