Penerimaan Terpadu Polri di Polda Sumbar, Ini Rincian Casis yang Memenuhi Syarat

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, BUKITTINGGI – Penerimaan terpadu Polri di Polda Sumbar telah berakhir, dengan diumumkannya oleh panitia seleksi dari Biro SDM Polda Sumbar secara langsung di UPI Convention Center, Padang, Sabtu (2/7/2022) siang.

Pengumuman kelulusan menjadi calon siswa (casis) Bintara Polri dan Akpol ini, dihadiri oleh Pejabat Utama Polda Sumbar, Panitia Seleksi Daerah (Panda), Pengawas Internal, Pengawas Eksternal dan seluruh peserta seleksi.

Read More

“Iya, sudah pengumuman untuk yang memenuhi syarat menjadi calon siswa pendidikan pembentukan Bintara Polri dan Akpol,” sebut Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto, S.IK, Minggu (3/7/2022).

Ia menjelaskan, pengumuman tersebut dilakukan melalui sidang kelulusan akhir seleksi penerimaan terpadu Taruna/i Akpol dan Bintara Polri gelombang II Tahun Ajaran (TA). 2022 dan gelombang I TA. 2023 Panda Polda Sumbar, pada Sabtu 2 Juli 2022 yang dibuka Karo SDM Polda Sumbar Kombes Pol Defrian Donimando, S.IK.

“Dari 5.604 orang peserta yang mendaftar Bintara Polri dan telah melakukan berbagai tahapan seleksi (tes), akhirnya ditetapkan sebanyak 507 orang yang dinyatakan memenuhi syarat,” jelasnya.

Satake Bayu menerangkan, mereka yang dinyatakan lulus Memenuhi Syarat (MS) tersebut, nantinya akan dibagi menjadi dua gelombang untuk pendidikan, berikut rinciannya:

Untuk Kuota Bintara Polri Gelombang II T.A. 2022 Panda Sumbar dan Sepolwan yaitu 288 orang (276 P, 12 W) terdiri dari :

PTU: 217 orang (212 Pria, 5 Wanita)
Kuota Khusus: 3 orang (2 Pria, 1 Wanita)
Brimob: 35 orang (Pria)
Bakomsus Polair: 8 orang (Pria)
Bakomsus TI: 2 orang (1 Pria, 1 Wanita)
Bakomsus Nakes: 2 orang (1 Pria, 1 Wanita)
Bakomsus Labfor: 4 orang (3 Pria, 1 Wanita)
Bakomsus Logistik: 1 orang (Pria)
Rekpro: 16 orang (13 Pria, 3 Wanita)

Kemudian, Kuota Bintara Polri Gelombang I T.A. 2023 Panda Sumbar dan Sepolwan yaitu 219 orang (197 Pria, 22 Wanita) terdiri dari:

PTU: 187 orang (166 Pria, 21 Wanita)
Brimob: 18 orang (Pria)
Bakomsus Polair: 8 orang (Pria)
Bakomsus TI: 1 orang (Pria)
Bakomsus Nakes: 1 orang (Wanita)
Bakomsus Labfor: 3 orang (Pria)
Bakomsus Logistik: 1 orang (Pria)

Selain pengumuman kelulusan Bintara, pihaknya juga mengumumkan kelulusan untuk seleksi Taruna Akpol. Dari 525 orang yang mendaftar, sebanyak 16 orang yang lulus hingga tingkat Panda.

“Untuk Kuota Taruna Akpol yang mengikuti seleksi tingkat pusat sebanyak 12 orang yang dinyatakan Lulus Terpilih, dan empat orang Lulus Tidak Terpilih untuk melanjutkan seleksi di tingkat pusat,” terangnya.

Dirinya menyampaikan selamat kepada peserta seleksi yang telah lulus terpilih dan memenuhi syarat, karena hal tersebut merupakan hasil keringat dan kemampuan dari peserta itu sendiri.

Ia menjelaskan, itu murni hasil kemampuan mereka (peserta), karena sesuai dengan motto seleksi ini yaitu BETAH, Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis.

“Bagi adik-adik kita yang belum lulus jangan berkecil hati, tetap semangat dan mempersiapkannya kembali sehingga memperoleh hasil yang optimal,” tutupnya.

Related posts