Pengabdian Membangun Usaha Skala Rumahan di Padang Pariaman, Tim Abdimas Unand Gelar Penyuluhan Teknologi Online Marketing

Produk-produk Nature Enviro tembus marketplace ternama.

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG PARIAMAN — Tim Abdimas Unand intens mengadakan Penyuluhan Teknologi Online Marketing di Kabupaten Padang Pariaman. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan penjualan produk secara digital.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Andalas(Abdimas Unand) yang diketuai oleh Ratna Aisuwarya, M.Eng mengatakan Hubungan jual-beli melalui platform online sudah menjadi hal yang tidak begitu asing bagi masyarakat Indonesia. Hal ini terbukti dengan adanya e-commerce besar yang berkontribusi dalam hubungan jual-beli tersebut. Adanya kemudahan teknologi ini menjadi peluang bagi usaha-usaha baru yang terdampak pandemi Covid-19, baik itu dalam mempromosikan produknya, ataupun meningkatkan penjualannya disamping cara jual konvensional. Salah satu kemunculan usaha baru adalah Organik Jaya yang dirintis pada pertengahan tahun 2020, namun awal bisnisnya hanya sebagai reseller produk. Oleh karena itu, suatu tim Pengabdian Masyarakat Universitas Andalas (Abdimas Unand) yang diketuai oleh Ratna Aisuwarya, M.Eng.(dengan anggotanya Dr.Eng. Shinta Silvia, M.T. dan Monika Rianti Helmi, M.Si.) menjalin mitra dengan Organik Jaya untuk mengembangkan usahanya lebih baik lagi. Penerapan IPTEK menjadi strategi mencapai tujuan pengembangan usaha, salah satunya adalah program penyuluhan teknologi online marketing produk Nature Enviro yang telah sama-sama mereka rancang dan kembangkan.

Read More

Menurutnya, penyuluhan merupakan suatu kegiatan yang merubah alur perilaku, dalam hal ini perilaku masyarakat yang umumnya bergantung pada pasar tradisional dapat diselingi dengan pasar online. Pelatihan penggunaan teknologi juga dilakukan sebagai pelengkap semua pelatihan yang sudah dijalani Organik Jaya (pelatihan produksi pupuk organik dan media tanam), guna menghasilkan usaha skala rumahan yang kompeten memulai bisnisnya. Nature Enviro sebagai nama merek produk Organik Jaya, telah didaftarkan dan memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha) dan IUMK (Izin Usaha Mikro Kecil) sehingga bisnis ini sudah sah dalam perundang-undangan.
Shopee dan Tokopedia menjadi platform promosi dan jualan produknya, dengan platform ini semua orang bisa mengetahui eksistensi Nature Enviro tanpa harus kebanyakan bersuara dari tempat ke tempat. Pelatihan yang digelar oleh tim Pengabdian Masyarakat ini membuahkan hasil dengan terjualnya produk-produk Nature Enviro.

“Teknologi ini praktis dan harus dimanfaatkan. Walaupun penjualan ke luar (daerah yang jauh dengan ongkir) terkendala, penjualan untuk sasaran masyarakat di Kota Padang meningkat. Konsumen yang banyak membeli dari Kota Padang, animo cukup besar,” ungkap Ratna saat diwawancarai melalui WhatsApp pada Kamis, (9/10).

Dari kejadian ini, pengabdian masyarakat dapat membuka pikiran masyarakat(kasus saat ini pandemi menyebabkan bisnis melemah) melalui solusi-solusi seperti ini. Tidak semua masyarakat akrab dengan gadget dan strategi, sebagai kaum intelektual Abdimas Unand telah berkontribusi menyuluhkan teknologi dan memberdayakan usaha masyarakat.

“Untuk wilayah lainnya, dipesan melalui WhatsApp, karena biaya pengiriman (platform jualan online) mahal. Penjualan wilayah Kota Padang ada opsi gratis ongkirnya,” tutur Ratna sembari menjelaskan kembali realita biaya ongkir(untuk daerah-daerah jauh). Pengabdian ini ditargetkan selesai pada tahun 2023.

Related posts