Pengganti Anies Baswedan di DKI Mulai Dibongkar, Kriterianya Cocok, Siapakah Ya?

  • Whatsapp
anies baswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Foto: Dok. Istimewa)

MINANGKABAUNEWS.COM, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta periode1997-2007 Sutiyoso alias Bang Yos memberikan tanggapan soal sosok pengganti Anies Baswedan.

Pasalnya, masa jabatan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI akan berakhir pada Oktober 2022 mendatang.

Kemudian, seorang PJ Gubernur DKI Jakarta akan menggantikan posisi Anies karena Pilkada DKI Jakarta akan berlangsung pada tahun 2024.

Menurutnya, pengganti Anies harus merupakan sosok yang luwes dan murah bergaul.

ÔÇťOrang ini harus luwes gitu kan, enggak kaku, bisa bergaul dengan semua pihak, semua golongan,” imbuhnya, Senin (18/4/2022).

Hal tersebut, sambungnya, menjadi penting lantaran mempersatukan perbedaan bukan lah perkara yang mudah.

Menurutnya, sosok PJ Gubernur DKI Jakarta harus paham bahwa Jakarta merupakan barometer nasional sehingga tak boleh ada gejolak di sana.

Selain itu, ia juga harus paham terhadap masalah klasik ibukota seperti kemacetan, banjir, hingga peningkatan jumlah penduduk.

Kendati demikian, Bang Yos tak mau menyebut sosok yang menurutnya tepat menjadi pengganti Anies.

Menurutnya, mau Kapolda Metro Jaya atau siapapun itu, mereka harus memiliki kriteria di atas serta punya wawasan tentang Jakarta.

Dia juga berharap sosok tersebut bisa mengatasi permasalahan sepeninggal Anies selama dua tahun ke depan.

Bang Yos menekankan kemajemukan di Jakarta, mulai dari etnis, suku, serta agama sehingga kerap disebut miniatur Indonesia.

Ia juga menyebut penduduk Jakarta sangat beragam ada si kaya, si miskin, si pintar, si bodoh, kutukan batu hingga RI1 ada di Jakarta.

Menurutnya, apabila yang terpilih nanti tidak memiliki wawasan tentang Jakarta maka akan terkejut melihat situasi tersebut.

Related posts