Pentingnya Protokol Kesehatan dalam Mencegah Laju Covid-19 di Indonesia

MINANGKABAUNEWS.COM, BUKITTINGGI — Dampak protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah bertambahnya Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di Indonesia sangat penting sekali.

Wakil Ketua Penanganan Covid-19 RSAM Bukittinggi, dr. Deddy Herman, SpP (K), FCCP, FAPSR, MCH, FISR, menyampaikan dengan melakukan 3M dan 5 M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan, menjaga jarak dan mengurangi mobilisasi.

Read More

“Dengan upaya ltu, kemungkinan penyebaran Covid-19 dapat kita tekan,” ujarnya, Rabu (1/12/2021).

Indonesia sudah berada di level satu saat ini dalam kondisi Covid-19.

“Negara kita aman untuk dikunjungi oleh seluruh orang dari luar negeri,” jelas Deddy.

Dr Deddy lebih lanjut mengatakan, kemungkinan penularan Covid-19 saat ini, sangat rendah sekali. kenapa? Ini adalah suatu keberhasilan yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia.

“Keberhasilan ini tidak mungkin tanpa kita menjaga. Agak sulit mencapainya, tapi sulit untuk mempertahankannya, kalau kita tidak melakukan prokes yang ketat sekali,” kata Deddy.

“Pelajaran yang kita dapatkan selama dua tahun ini harus membuat kita mau belajar tentang ilmu penyakit infeksi dan pencegahannya,” sambungnya.

Mau menggunakan masker untuk mencegah penyebaran infeksi kepada orang lain dan pada diri kita sendiri, mau mencuci tangan, karena tangan ini adalah sumber infeksi yang luar biasa.

“Kita berharap dengan penerapan protokol kesehatan yang benar, akan terhindarlah kita dari infeksi Covid-19 dan infeksi lainnya,” tutur dr. Deddy Herman mengakhiri

Related posts