Penyuluh Betumonga Sipora Terus Dorong Petani Tingkatkan Hasil Panen di Masa Pandemi

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, MENTAWAI – Penyuluh Pertanian Desa Betumonga Kecamatan Sipora Selatan Kepulauan Mentawai, Wenderson Saogo terus berupaya memberikan edukasi dan dorongan agar masyarakat petani di wilayah kerjanya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Yang mana dirinya terus menggiatkan program Pertanian dengan memanfaatkan lahan yang ada, tidak tanggung tanggung, di Desa tersebut sudah berdiri beberapa kelompok tani yang siap di bina, termasuk Kelompok Wanita Tani (KWT).

Read More

“Puji Tuhan kontrak sudah di tanda tangani oleh Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT/WKRI) Desa Betumonga Marniati disaksikan oleh anggota dan seluru tim dari Dinas Pertanian untuk kelanjutan program kedepannya”, ujar Penyuluh Pertanian Desa Betumonga Wenderson Saogo saat berbincang dengan Wartawan Minangkabaunews.com, Kamis (15/07/2021).

Di ketahui tim Dinas Pertanian Kabupaten Kepulauan Mentawai sempat berkunjung di Desa Betumonga untuk melakukan kunjungan dan melihat kemajuan pembangunan khususnya di bidang pertanian.

Di katakan Wenderson, kunjungan Dinas Pertanian di Desa Betumonga beberapa waktu lalu, sekaligus memberikan sosialisasi kegiatan Pelestarian Pekarangan Lingkungan (P2L) serta penandatanganan kontrak kegiatan.

Kontrak kerja tersebut bersumber dari anggaran DAK pusat yang disalurkan langsung Dinas Pertanian senilai Rp 55 juta dan diperuntukan kepada 7 kelompok yang ada di Desa Betumonga.

“Kita terus berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan menanam tanaman yang laku di pasar, dengan berbagai komoditi yang ditanam, dapat mensejahterakan ekonomi rumah tangga dan masyarakat”, tutur Wenderson.

Salah satu andalan Pertanian di Desa Betumonga seperti Kelapa, Padi, Pala, Keladi, dan tanaman hortikultura lainnya. Dan ini fokus kita agar dapat dikelola dengan baik oleh masyarakat demi menunjang kehidupan terutama di masa pandemi saat ini, sambungnya.

Kebutuhan pangan tersebut bukan hanya dikonsumsi saja, namun dapat dijadikan uang sebagai pra bayar untuk kebutuhan lainnya, ujar Wenderson.

Wenderson berharap, masyarakat tetaplah berkesinambungan untuk menabur, karna tak akan ada orang yang sukses tanpa menabur. Apa yang kita tanam pasti akan menuai hasil kalau masyarakat giat dan tekun, tutupnya. (Tirman)

Related posts