Perantau Solok Selatan di Pekanbaru Siap Dukung Pembangunan di Kampung Halaman

  • Whatsapp
Silaturahmi Pemkab Solok Selatan bersama perantau Solok Selatan di Provinsi Riau
Silaturahmi Pemkab Solok Selatan bersama perantau Solok Selatan di Provinsi Riau

MINANGKABAUNEWS.COM, SOLOK SELATAN – Para perantau Solok Selatan di Pekanbaru, Riau, menyampaikan kesiapan mereka untuk mendukung pembangunan yang sedang giat-giatnya dilakukan oleh Bupati Solsel H. Khairunas dan Wabup H. Yulian Efi.

Hal ini disampaikan pada temu ramah Pemkab Solok Selatan bersama para perantau yang tergabung dalam Ikatan Masyarakat Solok Selatan (IKAMASS) Provinsi Riau dan Ikatan Keluarga Sungai Pagu (IKASUPA) di Pekanbaru, Kamis (19/1/2023).

Read More

Temu ramah yang berlangsung hangat tersebut, turut dihadiri Wakil Bupati Yulian Efi, Ketua DPRD Zigo Rolanda, Ketua dan Wakil Ketua TP. PKK, Ny. Erniati Khairunas dan Ny. Bet Yulian Efi, serta jajaran OPD Pemkab Solok Selatan.

“Kami sangat mendukung aktifitas pembangunan yang sedang gencarnya melakukan pembangunan di kampung halaman. Kami di rantau juga turut mendoakan Bapak Bupati dan Wakil Bupati diberikan kesehatan dalam aktifitas sehari-hari,” ungkap Ketua IKAMASS Riau, M. Tulus, didampingi Ketua IKASUPA Pekanbaru Budi Gunawan.

Menurut Tulus, sebanyak lebih kurang 5 ribu warga Solok Selatan tercatat merantau di provinsi yang dikenal dengan Bumi Lancang Kuning tersebut.

“Kami masih cinta dan masih sering pulang kampung ke Solok Selatan,” ungkap Tulus

Dalam kesempatan tersebut, Tulus juga menyampaikan dukungannya kepada putra asli Solok Selatan yang saat ini tengah disebut-sebut akan memperjuangkan aspirasi masyarakat melalui lembaga legislatif di tingkat pusat

“Mari kita dukung Pak Ketua DPRD, Zigo Rolanda untuk duduk menjadi anggota DPR RI nanti, agar semakin banyak yang dapat dibawa berbagai pembangunan ke kampung kita khususnya,” ajak Tulus bersemangat.

Apresiasi kehadiran jajaran lengkap Pemkab Solok Selatan juga disampaikan Ketua IKASUPA Kota Pekanbaru Budi Gunawan.

“Ini sejarah baru bagi kita di Riau ini. Dimana kita para perantau bisa bertemu langsung dan dikunjungi Bupati, lengkap dengan Wabup dan juga Ketua DPRD,” terangnya bangga.

Bupati Solok Selatan H. Khairunas menyampaikan bahwa dirinya senantiasa mengagendakan pertemuan dengan perantau dalam setiap kunjungannya ke daerah lain.

Disamping bersilaturahmi, dirinya juga mengharapkan masukan, saran, dan kritikan dari para perantau, agar pemerintahan dapat terus terkontrol dan berupaya menjadi lebih baik.

Dalam penyampaiannya, Bupati menyampaikan komitmennya bagaimana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) betul-betul dinikmati masyarakat. Pemerintah menurutnya juga harus dipastikan hadir dan terus melayani di tengah-tengah masyarakat.

Beberapa kebijakan yang disampaikan diantaranya terkait kedisiplinan ASN, efektifitas dan efisiensi perjalanan dinas ASN, program unggulan seragam gratis bagi seluruh anak didik baru termasuk SMA/SMK/Swasta dan sekolah pada jajaran kemenag, penambahan kuota asuransi kesehatan bagi masyarakat melalui BPJS, pembinaan rumah-rumah tahfidz, dan berbagai program lainnya.

“Terima kasih atas waktu dan segala masukan dan saran yang telah disampaikan kepada kami. Dukungan perantau akan sangat berarti dan penyemangat bagi kami semua,” ujar Bupati.

Senada dengan itu, Ketua DPRD Zigo Rolanda juga berharap agar silaturahmi dan komunikasi yang baik dengan perantau menjadi modal kerjasama dalam membangun kampung halaman.

Zigo juga mengapresiasi, berkat kerjasama dengan seluruh elemen masyarakat, pertumbuhan ekonomi di Solok Selatan menjadi tiga besar terbaik di Sumatera Barat

“Alhamdulillah, tahun 2021 silam pertumbuhan ekonomi (PE) kita mencapai 3,42%. Dan merupakan tiga terbesar PE di Sumbar, setelah tahun sebelumnya sempat minus, diterpa wabah covid yang melanda seluruh negeri,” terang Zigo.

Solok Selatan tambah Zigo, juga terus tumbuh menjadi wajah investasi di Sumatera Barat, dimana Solsel memiliki investasi PMA terbesar di Sumbar dan telah berjalan dengan baik.

Sebelum melakukan pertemuan dengan perantau, Bupati Khairunas dan rombongan juga melakukan pertemuan dengan Walikota Pekanbaru, terkait penjajajakan beberapa kerjasama kedua daerah. (rls)


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts