Perhatian Pemko Sawahlunto, 293 Mahasiswa Terima Bantuan Rp. 588 Juta

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, SAWAHLUNTO – Komitmen nyata dari Pemko Sawahlunto dalam memperhatikan dan membantu anak – anak Sawahlunto yang melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dilakukan melalui pemberian penghargaan (reward). Tahun 2021 ini, Pemko Sawahlunto melalui Dinas Pendidikan menyerahkan reward dengan total Rp 588 juta lebih kepada 293 orang mahasiswa.

Penyerahan reward itu dilaksanakan secara simbolis kepada 5 orang perwakilan mahasiswa oleh Walikota Sawahlunto Deri Asta, pada Selasa 09 November 2021 tadi di Aula Dinas Pendidikan. Selanjutnya reward berupa uang itu akan ditransfer langsung ke rekening masing – masing mahasiswa penerima.

Read More

Kepala Dinas Pendidikan Sawahlunto, Asril, melaporkan penghargaan yang diberikan kepada anak – anak Sawahlunto yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) berakreditasi A dan B itu dibagi ke dalam 5 kategori. Yakni kategori diterima di PTN dan PTS dengan jenjang pendidikan S 1 sebanyak 225 orang, kemudian diterima di PTN dan PTS dengan jenjang pendidikan D 3 sebanyak 56 orang.

Kategori selanjutnya yakni anak Sawahlunto berasal dari keluarga tidak mampu/pra sejahtera yang diterima di PTN dan PTS sebanyak 10 orang. Setelah itu anak Sawahlunto yang diterima di PTN dan PTS favorit jenjang pendidikan S 1 sebanyak 1 orang dan D 3 sebanyak 1 orang,” kata Asril.

Untuk besaran jumlah penghargaan, dijelaskan Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan, Rafki Rusdian, yaitu bagi kategori diterima di PTN dan PTS dengan jenjang pendidikan S 1 sebesar Rp 2 juta/orang. Kemudian kategori diterima di PTN dan PTS dengan jenjang pendidikan D 3 sebesar Rp 1.500.000,-/orang.

Kategori selanjutnya yakni anak Sawahlunto berasal dari keluarga tidak mampu/pra sejahtera yang diterima di PTN dan PTS sebesar Rp 5 juta/orang. Setelah itu anak Sawahlunto yang diterima di PTN dan PTS favorit jenjang pendidikan S 1 sebesar Rp 2.500.000,-/orang dan D 3 sebesar Rp 2 juta/orang,” kata Rafki Rusdian.

Walikota Sawahlunto Deri Asta menyatakan, penyerahan penghargaan (reward) bagi anak Sawahlunto yang melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi ini menunjukkan bukti dari komitmen Pemko Sawahlunto dalam memberikan motivasi dan bantuan kepada para pelajar, sedangkan tujuannya yakni untuk mewujudkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) melalui peningkatan kualitas pendidikan.

Ini juga menunaikan janji – janji kita pada masyarakat saat kampanye dulu. Kita komitmen untuk membantu meringankan beban orang tua dalam membiayai kuliah anak – anaknya. Alhamdulillah, anggaran untuk ini dapat kita tingkatkan dari tahun ke tahun,” sebut Walikota Deri Asta.

Ditambahkan Walikota Deri Asta, ini adalah bentuk pembangunan non fisik. Memang tidak langsung terlihat nyata hasilnya. Manfaat pembangunan non fisik dijelaskan Walikota Deri Asta seperti pada peningkatan kualitas pendidikan generasi penerus ini baru bisa terasa sekian tahun ke depan.

Meski perlahan, namun perhatian dan dukungan bagi anak – anak Sawahlunto menempuh pendidikan yang lebih tinggi dan lebih baik ini pasti akan ada manfaatnya pasti akan berbuah yang manis di masa depan nanti,” pungkas Walikota Deri Asta.

Dari data yang diberikan Dinas Pendidikan Sawahlunto kepada Humas, jumlah anggaran dan jumlah mahasiswa yang menerima reward diterima di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta pada 2021 ini mengalami peningkatan dari 2020 lalu.

Untuk tahun 2020 lalu, reward yang kita berikan pada anak Sawahlunto yang diterima di Perguruan Tinggi ini yakni sejumlah 231 orang,” kata Kepala Dinas Pendidikan, Asril.(atra)

Related posts