Peringatan! Dilarang Makan Ini Sebelum Minum Kopi!

MINANGKABAUNEWS.COM, JAKARTA — Bagi Anda penggemar kopi, pasti rasanya tidak lengkap jika dalam sehari tidak mengonsumsi minuman yang berasal dari biji kopi tersebut. Namun, tahukah Anda kalau ada makanan yang harus dihindari sebelum minum kopi?

Mengutip Healthy Eating, kandungan kafein dalam kopi dapat mencegah tubuh menyerap nutrisi. Karena itu, Anda sebaiknya menghindari makan sesaat sebelum minum kopi jika khawatir kekurangan nutrisi.

Read More

Berikut adalah makanan yang sebaiknya dihindari sebelum minum kopi:

1. Susu, yoghurt dan keju

Makanan yang tinggi kalsium seperti susu, yoghurt dan keju sebaiknya dihindari sebelum minum kopi. Kafein dalam kopi dapat memengaruhi penyerapan kalsium. Selain itu, kafein juga bisa membuat tubuh mengeluarkan kalsium lebih banyak melalui urine.

Efek ini sebenarnya relatif kecil bagi kebanyakan orang. Namun, untuk memastikan bahwa tubuh memiliki kadar kalsium yang cukup, cobalah untuk minum tidak lebih dari 3 cangkir kopi per hari, saran Linus Pauling Institute.

2. Daging merah, kerang, kepiting, lobster

Makanan yang mengandung zinc seperti daging merah, kerang, kepiting dan lobster juga tidak disarankan dikonsumsi sebelum minum kopi. Ini karena kopi mengandung tanat, yang membentuk ikatan dengan beberapa mineral dalam makanan. Karena ikatan ini sangat sulit dipecah oleh tubuh, minum kopi dapat membuat Anda mengeluarkan zinc yang seharusnya diserap tubuh.

3. Kacang-kacangan

Tak hanya bisa mencegah tubuh menyerap zinc, kandungan tanat dalam kopi juga memiliki efek yang sama pada zat besi. Untuk memastikan Anda mendapatkan cukup zat besi, hindari makan makanan kaya zat besi seperti kacang polong, kacang-kacangan, lentil, buncis dan produk kedelai sebelum minum kopi.

4. Vitamin

Selain efeknya pada penyerapan mineral, kopi tampaknya mempengaruhi beberapa vitamin. Misalnya, kafein dapat memiliki efek negatif pada kadar vitamin D. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Bone Metabolism pada tahun 2017 menemukan bahwa subjek penelitian yang minum lebih banyak kopi cenderung memiliki kadar vitamin D yang lebih rendah. Meskipun ini bukan bukti absolut bahwa kafein menurunkan vitamin D, tapi riset menunjukkan bahwa membatasi asupan kafein penting untuk menjaga kadar vitamin D Anda tetap sehat.

Related posts