Peringatan Hari Pancasila, Pj Bupati Mentawai: Saling Bergotong Royong Membangun Mentawai dengan Potensi yang ada

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, MENTAWAI – Pemkab Kepulauan Mentawai menggelar upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila dengan Inspektur Upacaranya Pj Bupati Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak, di Halaman Kantor Bupati Km 5 Tuapeijat. Kamis (01/6/2023).

Upacara berjalan lancar meskipun tali penggerak bendera dikabarkan putus saat sesi naik bendera dan diikuti ASN, TNI, Polri, Mahasiswa dan pelajar. Turut hadir, unsur Forkopimda serta jajaran pejabat Pemda.

Read More

Pj Bupati saat membacakan amanat Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo menyampaikan, Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada tanah air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik.

Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana. Seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati. Berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika, katanya.

Harlah Pancasila setiap tanggal 1 juni, sebutnya, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia.

Tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, tetapi turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari, lanjut Pj Bupati Mentawai.

Dikatakannya, menghadapi pesta demokrasi serentak melalui penyelenggaraan pemilihan umum 2024, dirinya mengimbau seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menyukseskan pemilu yang jujur, aman, dan damai.

“Kita harus menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana yang kondusif sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila khususnya di Kabupaten Kepulauan Mentawai”, ucapnya.

Jiwa dan roh Pancasila harus diaktualisasikan dalam cara berpikir, bertindak dan berelasi setiap individu manusia Indonesia, sebutnya lagi.

Seiring dengan tema peringatan tahun ini, masyarakat diimbau untuk saling bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global.

“Mari berkomitmen untuk bersama-sama menanamkan, menegakkan dan menjaga Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya”, tuturnya.

Berkomitmen bisa jadi untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, ucap Pj Bupati.

Dan saat ini bagaimana kita bisa membuat akselerasi satu pembangunan di setiap wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai dari Siberut hingga pulau Sikakap. Disini kita bisa bersinergi mewujudkan itu termasuk seluruh instansi, tokoh agama dan masyarakat yang ada. Agar sama sama membangun Mentawai kearah yang lebih baik, sambung Pj Bupati.

Dikatakan Pj Bupati, Mentawai sendiri banyak potensi yang harus dikembangkan, salah satu yang bisa kita gali adalah Pariwisata termasuk Perikanan. Itu semua butuh kerja bersama mewujudkan itu, sebut Pj Bupati dalam sambutannya dihadapan pejabat yang hadir. (Tirman)

Related posts