Peringati 120 Tahun Bung Hatta, Dinas Kebudayaan Sumbar Gelar Rapat Persiapan

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG – Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatra Barat mengelar rapat persiapan lanjutan peringatan 120 Tahun Bung Hatta, bertempat di lantai III Dinas Kebudayaan Sumbar, Kota Padang, Jum’at (5/8/2022).

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar Syaifullah menyampaikan, ucapan terima kasih kepada seluruh undangan yang hadir,

“Penyusunan Rundown Acara Peringatan Kelahiran 120 Tahun Bung Hatta akan yang digelar pada 11-12 Agustus 2022 di Bukittinggi, kiranya dapat kita susun bersama pada hari ini,” ucap Syaifullah di awal sambutannya.

Ia menjelaskan, pelaksanaan kegiatan seminar “Edukasi kepada Siswa tentang Ketokohan Bung Hatta” nanti akan diikuti oleh 120 orang siswa SMA dan 30 orang pendamping, ditambah 50 orang siswa SMP dari Kota Bukittinggi.

Sementara itu Kebudayaan Kota Bukittinggi Mul Akhyar menjelaskan, sebetulnya persiapan awal dari tingkat Yayasan Proklamator Bung Hatta di Jakarta secara nasional, intinya Sumatra Barat sudah siap melaksanakan peringatan 120 Tahun Bung Hatta.

“Artinya Napak Tilasnnya di mulai dari Istana Bung Hatta dengan segala bentuk kegiatan khusus dan langsung kerumah kelahiran Bung Hatta,” jelasnya.

Ia sebut, di Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta tersebut nantinya diadakan acara-acara serimoni pidato wali kota dan pidato tentang Bung Hatta.

“Khusus penyampaian pidato tentang Bung Hatta nanti akan kita tampilkan dari anak-anak SLTA pemenang juara tingkat SLTA se Sumatra Barat, itu rancangannya,” sebut Mul Akhyar.

Mul Akhyar lebih lanjut menerangkan, jadi pada 13 Agustus nanti dari Padang itu sudah ada pelari maraton 120 KM. Namun yang satu orang 120 KM itu tetap dia berlari nanti dan juga ada pendampingnya berganti ganti setiap per 5 KM atau per 2 KM supaya ada ketahanannya.

“Ini untuk mengingat 120 Tahun Kelahiran Bung Hatta. Dari Padang dia mungkin langsung ke Bukittinggi atau ke Batu Palano sampai mengelilingi 120 KM dan titik kumpul di lapangan bola kaki baru nanti jalan kaki sebagian untuk lanjut ke rumah peristirahatan Bung Hatta di Pasangrahan,” terangnya.

Persiapan Napaktilas ini masih dalam draf provinsi, sementara Bukittinggi belum mengeluarkan rancangan kegiatan yang akan dilakukan, tambah Mul Akhyar.

Acara ini dihadiri oleh Kadis Kebudayaan Provinsi Sumatra Barat, Kadis Pendidikan Provinsi Sumatra Barat, Dinas Perpustakaan Prov. Sumbar, Biro Umum, Kepala UPT Pustaka Proklamator Bung Hatta Bukittinggi, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi, dan Kesbangpol Kota Bukittinggi. (*)

Related posts