Peringati Hari Jadi, PIPAS Sumbar Tabur Bunga Di Makam Pahlawan Kusuma Bangsa

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.com,PAYAKUMBUH,-Jumat 6/1/23 pagi Enam PIPAS dan unit pelaksana teknis lainnya di Paguyuban Ibu Ibu Pemasyarakatan lakukan kegiatan ziarah dan tabur bunga di Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Kota Payakumbuh. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan hari jadi PIPAS yang puncaknya 24 Januari mendatang.

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Payakumbuh sebagai panitia dalam pelaksanaan kegiatan upacara tabur bunga dan diikuti oleh lima PIPAS dari Unit Pelaksana Teknis lainnya, yaitu Lapas Kelas IIA Bukittinggi, Lapas Kelas III Suliki, LPKA Kelas II Tanjung Pati, Rutan Kelas IIB Batusangkar, dan Bapas Bukittinggi.

Kegiatan Upacara Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Kota Payakumbuh untuk mengenang jasa para Pahlawan bangsa. Kegiatan ini dilakukan secara serentak oleh seluruh jajaran PIPAS di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Momen sakral Upacara Tabur Bunga di Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Kota Payakumbuh berlangsung dengan hikmat. Kegiatan diawali dengan penghormatan kepada Arwah Para Pahlawan dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin langsung oleh inspektur upacara yaitu Ketua DWP Lapas Kelas IIA Bukittinggi Ny. Astuti Marten.

Peringatan hari jadi PIPAS ke-19 ini telah dilaksanakan mulai dari tanggal 4 Januari dengan beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya senam SKJ serentak, rapat DWP, dan upacara tabur bunga.

Ny. Susi Kameily pimpin seluruh anggota PIPAS Lapas Payakumbuh dalam prosesi tabur bunga di makam pahlawan.

Ketua DWP Lapas Kelas IIB Payakumbuh Ny. Susi Kameily usai kegiatan kepada awak media mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan peristiwa penting yang tidak boleh dilupakan.

“Sebagai generasi penerus kita tidak boleh melupakan pengorbanan para pejuang-pejuang kita terdahulu, khususnya mereka yang berjuang demi Kemerdekaan bangsa. Tabur bunga ini merupakan salah satu tanda kita menghargai dan menghormati setiap pengabdian yang telah mereka berikan,” tutur Susi Kameily.

Lebih lanjut Ny. Susi Kameily juga mengingatkan bagi para Pegawai dan istri petugas pemasyarakatan yang hadir hari ini bahwa perjuangan para Pahlawan terdahulu harus dilanjutkan dalam sebuah tindakan dan aksi nyata.

Sesuai dengan tema hari jadi PIPAS Ke-19 “PIPAS Bangkit dan Berdaya untuk Pemasyarakatan Maju”pungkasnya.

Dalam kegiatan ini Kantor Wilayah Sumatera Barat mengutus Ny. Maya Ali Syah Bana sebagai perwakilan PIPAS datang secara langsung di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah.

Related posts