Peringati Hari Jadi Sumbar ke-78 dan Promosi Pariwisata, Gubernur Mahyeldi Lepas Ribuan Peserta Minangkabau Basapeda

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.com, KABUPATEN SOLOK — Dalam rangka memperingati Hari Jadi Provinsi Sumatera Barat ke-78 tahun 2023 ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menggelar kegiatan bersepeda dengan tema “Minangkabau Basapeda Salingka Danau Singkarak” Tahun 2023, di Dermaga Danau Singkarak Kec. X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sabtu, (30/9/2023).

Dalam sambutan ketika melepas Minangkabau Bersepeda, Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi menyebut penyelenggaraan event Minangkabau Basapeda Salingka Danau Singkarak dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi Sumbar ke-78 Tahun 2023 yang dimulai di area Dermaga Singkarak, Kabupaten Solok memberikan dampak pada sektor ekonomi kreatif khususnya pelaku UMKM dan pariwisata lokal.

Read More

Hal itu disampaikan gubernur saat memberikan sambutan sebelum melepas ribuan peserta sepeda santai yang berasal dari berbagai daerah dan provinsi tetangga tersebut, Sabtu (30/9/2023) pagi.

“Minangkabau Basapeda tidak hanya soal bersepeda, tapi kita juga ingin mengenalkan pariwisata daerah dan juga menggerakkan ekonomi. Homestay penuh dan ramai,” ungkap gubernur.

“Selain itu UMKM di checkpoint juga dihadirkan UMKM dari nagari-nagari yang dilalui agar bisa dinikmati oleh para peserta. Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat kita,” lanjut gubernur.

Sebelumnya Bupati Solok Epyardi Asda juga mengapresiasi kolaborasi pemerintah provinsi, kabupaten dan pihak terkait atas digelarnya sejumlah event yang mendorong pengembangan sektor UMKM di wilayah Solok.

“Terimakasih Pak Gubernur sudah menggelar gowes berkeliling Danau Singkarak pada tahun ini. Tahun depan kita siap mendukung program provinsi dan kalau perlu gowes dengan pemandangan yang lebih indah lagi, mengelilingi danau diatas dan dibawah,” ujar Epyardi.

Kegiatan bersepeda mengelilingi Danau Singkarak dimulai dari Dermaga Singkarak pada pukul 08.00 WIB dengan menyisiri danau sepanjang 57 kilometer ke arah utara. Kemudian peserta akan melalui checkpoint pertama di Intake PLTA Malalo, lalu checkpoint kedua di Lapangan Ondoh, Nagari Paninggahan, Kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok, hingga akhirnya finish di Dermaga Singkarak.

Turut hadir anggota DPR RI Athari Gauthi Ardi, Anggota DPRD Sumbar Irzal Ilyas, Walikota Solok Zul Elfian Umar, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumbar Endang Kurnia, Forkopimda dan pimpinan OPD.

Minangkabau Basapeda menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar yang juga ketua panitia, Maifrizon mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT ke 78 Sumbar.

Dalam kegiatan ini, Maifrizon menyebut ada 78 sepeda sepeda dan dua sepeda listrik bagi peserta yang disponsori oleh beberapa instansi diantaranya Bank Nagari, Bank Indonesia, dan PLN.

Dalam kegiatan ini, peserta tertua yang ikut kegiatan ini adalah Ridwan Ilyas. Ia berusia 81 tahun yang berasal dari Pasaman. Dalam hal ini, ia mendapat hadiah sepeda karena kegigihannya dalam kegiatan bersepeda. (doa/Diskominfotik Sumbar)


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts