Perkuat Komitmen Kemuhammadiyahan, PCM Pasaman Gelar Baitul Arqom

Baitul Arqam di Aula lantai 2 Masjid Al Azhar Batang Toman Simpang Empat Selatan, 25-26 Desember 2021.

MINANGKABAUNEWS.COM, PASAMAN BARAT — Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pasaman menyelenggarakan Baitul Arqam di Aula lantai 2 Masjid Al Azhar Batang Toman Simpang Empat Selatan, 25-26 Desember 2021.

Ketua Panitia Pelaksana Robi Abadi mengatakan mengatakan bahwa selain untuk mempererat ukhuwah, kegiatan ini bertujuan agar segenap guru dan karyawan lebih paham, komitmen dan arah gerakan Muhammadiyah.

Read More

“Selama dua hari, peserta mendapatkan materi seputar Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dan Ibadah praktis. Tidak hanya itu, peserta juga diharapkan lebih Yaqin dengan misi gerakan Muhammadiyah, komitmen meningkatkan amal ibadahnya dengan membiasakan sholat sunnah dan tahajud,” Ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa kegiatan juga diisi dengan game dan olahraga dan dilanjutkan materi kembali praktek ibadah praktis sesuai putusan tarjih Muhammadiyah, para peserta tetap semangat dan antusias mengikuti agenda kegiatan.

Dia juga menyampaikan Baitul Arqom sudah lama tertunda karena Pandemi. ”Alhamdulillah setelah tertunda satu tahun lebih, akhirnya Baitul Arqom ini dapat dilaksanakan. Peserta sebanyak 45 orang, berasal dari cabang ranting se Pasaman, cabang Kinali, Ranah Batahan, dan Gunung Tuleh” ujar Robi yang juga mantan Bendahara KNPI Pasbar.

Sementara H. Setarmon, Ketua PCM Pasaman menyampaikan apresiasi atas Tim MPK PCM Pasaman “Baitul Arqom ini dikelola oleh tim MPK PCM Pasaman, sebagai MOT Ardinan, M.Pd, sekretaris MOT Syumarlin, M.Pd, tim Instruktur lainnya. Seperti Indra Paderi, M.Pd dan lainnya, kita apresiasi dari unsur pimpinan.

Ketua PDM Pasbar Ronaldi, S.Ag.MPd menyambut baik atas insiasi PCM Pasaman mengangkat kegiatan perkaderan utama di cabang Pasaman. “Salah satu visi saya setelah terpilih menjadi ketua PDM Pasbar, memang ingin revitalisasi cabang ranting, artinya kekuatan kita itu di Cabang Ranting. Baitul Arqom ini, sebagai satu upaya memperkuat Cabang Ranting dari sisi ideologi. Terima kasih PCM Pasaman telah memulainya” ujar Ronaldi.

Di penghujung acara BAM, Ardinan, M.Pd selaku MOT dan Syumarlin, M.Pd sekretaris menyampaikan terima kasih kepada Narasumber baik yang datang dari PWM maupun PDM Pasbar.

“Kita ucapkan terima kasih kepada para narasumber, terutama dari Padang. Alhamdulillah dua pimpinan PWM hadir, Buya Solsafad dan Buya Nurman Agus, serta ketua MPK PWM Dr. Murisal. Kita sudah tau pak Murisal itu penggawa, Pimpinan utama perkaderan Muhammadiyah di Sumbar, beliau Apresiasi kegiatan BAM ini. Namun bapak, ibu, pesrta. Kita perlu RTL kegiatan. RTL Pertama akan kita perdalam lagi Materi Tauhid, dan Buya Solsafad sudah menyatakan kesediaannya kepada,” ujar Ardinan didampingi Syumarlin, menjelang pemberian sertifikat Baitul Arqom, tanda telah selesainya peserta mengikuti Baitul Arqom dan lulus.

Kelompok materi ideologi langsung PWM Sumbar yang memberikannya. Diantaranya, Peran Tauhid dalam Kehidupan oleh Buya Solsafad, M.A (wakil Ketua PWM), Tuntunan Ibadah sesuai Putusan Tarjih oleh Buya Nurman Agus (Sekretaris PWM Sumbar), Metode Memahami Agama Islam oleh Dr. Murisal, S.Ag. M.Pd ( ketua majelis pendidikan kader PWM Sumbar). Adapun dari PDM Pasbar, materi GJDJ oleh Mizlan, Hirarki dan Tata Aturan dalam Muhamadiyah oleh Yondrizal, SH.MH Serta Revitalisasi Cabang dan Ranting oleh Ronaldi, SAg.M.Pd.

Related posts