Perkuat Sinergi Antar Lembaga, Kemenkum HAM Sumbar Tandatangani Kesepakatan Bersama Kada

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Wako Solok Zul Elfian Umar bersama kepala daerah lainya di Sumatera Barat Tandatangani Kesepakatan bersama Kemenkum HAM RI (Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia) Kantor Wilayah Sumatera Barat, Jumat (4/6/2021) di Kryiad Bumi Minang Hotel di Padang.

Penandatanganan kesepakatan tersebut dalam rangka pembentukan Peraturan Perundang-Undangan di daerah, pembinaan hukum, penyelenggaraan kekayaan intelektual, kerjasama dengan perguruan tinggi, dan peluncuran aplikasi E – Perda Rancak.

Read More

Kepala Kantor Wilayah Kemenkum HAMĀ  Sumatera Barat Amrul Wahid Batubara mengatakan sinergi dan koordinasi antar lembaga negara harus selalu berjalan seusai dengan tugas, fungsi, dan tanggungjawab masing-masingnya.

“Sinergi antar lembaga harus tetap berjalan dan tidak boleh berhenti. Jika koordinasi terputus akan terjadi miskomunikasi pemahaman Perundang-Undangan yang berakibat terjadinya benturan dalam penerapan Perundang-Undangan di daerah,” kata Batu Bara.

“Ini yang harus dibenahi berupa mengaktifkan koordinasi dan sinergi antar lembaga agar dalam pembentukan dan penerapan UU dapat berjalan efektif, satu pemahaman, dan tidak salah persepsi,” tambahnya.

Lebih lanjut, Batu Bara menyebutkan penandatangan kesepakatan dengan semua kepala daerah di Sumatera Barat merupakan kelanjutan dari kesepakatan sebelumnya yang ditandatangani pada tahun 2006 lalu.

“Dengan ditandatanganinya kesepakatan ini diharapkan kepala daerah dapat memegang dan menjalankan komitmenya, serta menjaga hubungan yang baik antar lembaga pemerintah, perguruan tinggi, dalam menjalankan tugas, fungsi, dan tanggungjawabnya dengan tetap selalu berkoordinasi,” harapnya.

Related posts