Perpustakaan Daerah Limapuluh Kota Bakal Diresmikan, Ini Kata Bupati

  • Whatsapp
Perpustakaan (Foto: Insert)

 

LIMAPULUH KOTA, MINANGKABAUNEWS,- Perpustakaan Daerah Kabupaten Limapuluh Kota bakal diresmikan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Drs. Muhammad Syarif Bando, MM. Senin (13/12/2021). Melalui Dana Alokasi Khusus Subbidang Perpustakaan Tahun Anggaran 2021. Kehadiran gedung perpustakaan yang representative di Kabupaten Lima Puluh Kota diharapkan dapat menjadi tempat pembelajaran seumur hidup dan penyampaian informasi bagi masyarakat. Hal itu disampaikan Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo disela-sela kegiatan rutin di rumah dinas bupati, Minggu (12/12//2021).

Read More

Dikatakan Safaruddin, era digital merupakan sebuah tantangan bagi perpustakaan. Platform digital seperti google dan wikipedia karena platform digital tersebut lebih mudah di akses oleh masyarakat. Untuk tantangan itu tugas perpustakaan untuk memainkan peran membangun lingkungan pembelajaran (learning environment) dimana anggota komunitas pemakainya termotivasi untuk
terus belajar dan terdorong untuk berbagi pengetahuan di perpustakaan daerah.

“Insyallah besok (Senin 13/12/2021-Red) diresmikan Kepala perpustakaan Nasional. Sama-sama kita akui, perpustakaan tidak dapat lepas dari digitalisasi atau pemanfaatan teknologi yang terus berkembang pesat pada saat ini.” Kata Safaruddin.

Ditambahkannya, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi kedepan tentu perlu disiapkan. Koleksi bahan perpustakaan digital untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Lima Puluh Kota umumnya agar menjadi masyarakat literat dan memiliki dasa saing untuk menghadapi era 5.0. Pustakawan pada saat ini dituntut untuk memiliki peran baru mendukung layanan informasi yang berbasis teknologi.

“Perlu dikolaborasikan dengan baik, agar perpustakaan daerah ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat. Ruang publik sebagai tempat diskusi juga menjadi hal penting untuk diciptakan.” Tambahnya.

Lanjut dikatakan Safaruddin, perpustakaan umum daerah Kabupaten Limapuluh Kota sebagai jembatan komunikasi antara masyarakat dan pemerintah daerah. Dalam situasi apapun pemerintah daerah memiliki peran untuk mengelola komunikasi dan menyerap aspirasi publik.

“Hal itu akan kita rangkum, berdiskusi bersama-sama mencari solusi yang terbaik sehingga menjadi masukan bagi pemkab untuk pembangunan disemua sektor yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota ini.” tambahnya.

Ia juga menyampaikan, keberadaan perpustakaan dengan gedung baru hendaknya menambah motivasi dan semangat baca bagi seluruh masyarakat dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemkab Limapuluh Kota. Sekaligus sekolah-sekolah yang ada Limapuluh Kota dan Sumatera Barat pada umum nya untuk menambah ilmu dan wawasan bersama.

“Jangan hanya masyarakat umum, namun kepada OPD dan ASN manfaatkan perpustakaan daerah untuk menambah ilmu dan wawasan bersama. Jadikan.” Tutup Safaruddin.

Related posts