Persoalan Lahan Dan Tapal Batas Desa Goisooinan dan Bukit Pamewa, Babinsa Koramil 03 Sipora Kembali Lakukan Pendampingan

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, MENTAWAI – Babinsa Koramil 03 Sipora Desa Bukit Pamewa Sertu Osten Sinaga kembali melaksanakan kegiatan Pendampingan di Desa Goisoinan dan Desa Bukit Pamewa dengan adanya persoalan lahan dengan pihak Kaum Jasa samangilailai.

Danramil 03 Sipora Lettu Inf Herizal menyebutkan, dalam rapat terkait dengan penentuan batas wilayah Transmigrasi Desa Bukit Pamewa yang berbatasan dengan Desa Goisoinan yang mana ada klaim dari Pihak Kaum Jasa samangilailai sebagai miliknya, dalam hal ini pengecekan Patok Batas Transmigrasi Desa Bukit Pamewa perlu di pertegas, ujar Danramil, Jumat (07/01/2022).

Read More

Danramil mengatakan, setelah di ketahui fakta dilapangan yang ditemukan terdapatnya Patok Batas wilayah Perumahan maupun Patok Usaha Lahan 1 dan 2, serta mengambil Koordinat Patok tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, pihak Kehutanan Kabupaten Kepulauan Mentawai mengetahui keberadaan Patok dan koordinatnya dimasukkan dalam Peta sehingga didapatkan kesimpulan bahwa lahan yang sudah di Crusing oleh Perusahaan MSM atas nama Jasa Samangilailai dinyatakan masuk Kawasan Transmigrasi seluas 258,0562ha, terang Danramil.

Lalu didapatkan kesepakatan bahwa lahan seluas 258,0562 ha tersebut yang sudah di Timbercrusing dikembalikan kepada masyarakat Bukit Pamewa oleh Kaum Jasa Samangilailai dan dituangkan dalam berita acara serta surat Pernyataan dari Kaum Jasa Samangilailai, jelasnya.

Dalam kegiatan turut Serta Camat Sipora Utara, Sekcam Sipora Utara, pihak Kehutanan Kepulauan Mentawai, BPN Kepulauan Mentawai 2 orang, Babinsa Desa Bukit Pamewa, Kepala Desa Bukit Pamewa/Goisooinan, para Kepala Dusun Desa Goisoinan/Bukit Pamewa 7 orang, Perwakilan Perusahaan Rusman beserta anggota 5 orang, Perwakilan masyarakat Desa Bukit Pamewa/Goisoinan 30 orang, serta pihak Kaum Jasa Samangilailai 12 orang.

Pendampingan Peninjauan Patok Batas wilayah Transmigrasi Desa Bukit Pamewa serta Penandatanganan Berita acara dan Penandatanganan, Pembacaan Surat Pernyataan Kaum Jasa samangilailai tentang Pelepasan Klaim wilayah Transmigrasi Desa Bukit Pamewa selesai dilaksanakan dalam keadaan aman, tutup Danramil. (Tirman/Pendim)

Related posts