Pertama di Sumbar, Kantor Pertanahan Kota Bukittinggi Gelar Bazar Produk UMKM

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.com BUKITTINGGI – Dalam rangka memperingati hari Ulang Tahun Agraria dan Tata Ruang ke-62. Kantor Pertanahan Kota Bukittinggi dapat menyelenggarakan kegiatan Bazar Produk UMKM sekaligus promosi Produk Ladara binaan Kantah Kota Bukittinggi, dengan mengusung tema; UMKM naik kelas.

” Ini yang pertama di Sumatra Barat, saya pribadi mewakili seluruh jajaran Kantor Pertanahan Kota Bukittinggi, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan acara bazar ini. Karena dengan seluruh bantuan dan dukungan dari bapak/ibu semua acara Bazar ini dapat kami laksanakan,” ujar Kepala Kantor Pertanahan Kota Bukittinggi Desrizal di awal sambutannya, Kamis (29/9/2022).

Pihaknya apresiasi Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi yang sangat mendukung terlaksananya acara ini. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Bukittinggi, Dinas Koperasi, UMK dan Perdagangan Kota Bukittinggi, tak luput juga ucapan terima kasih atas dukungan dari Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Bukittinggi, serta pihak Bank dan juga PLN Kota Bukittinggi.

“Tak Lupa juga kami sampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya terhadap atensi yang luar biasa diberikan oleh Kakanwil BPN Provinsi Sumatra dan juga Kabid Penataan dan Pemberdayaan Kanwil BPN Provinsi Sumatra Barat,” ucap Kepala Kantor Pertanahan Kota Bukittinggi itu.

Ia menjelaskan, kegiatan Bazar ini adalah sebuah acara yang sangat bermanfaat bagi seluruh UMKM di wilayah Bukittinggi, Mengapa? Karena Bazar ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk mewadahi UMKM untuk promosi produk-produk terbaiknya.

“Kita mendorong keberhasilan UMKM dalam memperoleh akses dan memperluas jaringan pemasaran, sehingga dapat membawa produk lokal bersaing dengan produk global dan mendunia, sekaligus menggeliatkan perekonomian masyarakat pasca Covid-19,” jelas Desrizal.

Ia menerangkan, pada Bazar kali ini, Panitia mencatat sebanyak kurang lebih 30 stand UMKM yang mengikuti acara ini, yang menyediakan aneka produk, mulai dari produk kerajinan, anyaman, hinga makanan bahkan layanan Perbankan.

“Kami juga menyedikan pojok khusus informasi Layanan Pertanahan. Selain itu juga ada bazar sembako murah yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat banyak nantinya,” terang Desrizal.

Tak lupa pula, atas nama panitia Bazar Hantaru ke-62 Kantah Kota Bukittinggi, pihaknya sampaikan permohonan maaf kepada Bapak/Ibu/Saudara, Jika dalam mempersiapkan dan menyelenggarakan kegiatan Bazar ini masih terdapat hal-hal yang kurang berkenan atau tidak sesuai dengan harapan Bapak/Ibu/Saudara semua.

“Semoga ke depan kegiatan ini semakin meningkat, dan dapat dirasakan manfaatnya oleh lebih banyak warga masyarakat sekitar ke depannya,” ucap Desrizal mengakhiri.

Wakil Walikota Bukittinggi Marfendi dalam sambutannya menyampaikan, ini suatu yang luar biasa sekali, di hari Agraria dan Tata Ruang BPN yang sebenarnya tidak ada urusan dengan masalah UMKM, ternyata hari ini, karena memang didorong oleh keinginan agar UMKM ini harus naik kelas.

Wakil Wali Kota Bukittinggi Marfendi

“Ini tantangan, agar kita benar-benar naik kelas dan saya melihat satu hari ini yang naik kelas apa? Tanpa terasa, saya selama di Bukittinggi, baru hari ini, yang diundang jam 09:00 WIB dan acaranya mulai sesuai jadwal.

“Kenapa saya katakan naik kelas, karena selama ini kita mengatakan di Kota Bung Hatta, beliau adalah orang yang sangat disiplin,” sambung Marfendi.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sumater Barat Saiful menjelaskan, Bazar UMKM ini yang pertama di Sumatra Barat. Ia menjelaskan ada senyap 23 stand, hari ini buka stand disini.

“Semoga hari ini, permulaan dari awal yang baik bagi pelaku UMKM di Kota Bukittinggi, dan juga semua produk UMKM bisa kita masukkan ke dalam e-katalog Ladara,” jelas Syaiful.

Pihaknya mendukung Bazar Produk UMKM yang digelar selama dua hari ini, pada 29-30 September 2022 oleh Kantor Pertanahan Kota Bukittinggi ini.

Tampak hadir, Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sumatra Barat, Saiful S.P.,M.H , Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi Dt. Basa Balimo , Kepala Kejaksaan Negeri Bukittinggi, Ferizal, S.H.,M.Hum , Kepala Bidang Penataan dan Pemberdayaan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sumatera Barat, Nora Endo Mahata, S.T.,M.Sc .

Kemudian diikuti oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Bukittinggi, Fiona Agyta Erman Safar , Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Kepala Dinas Koperasi, UMK dan Perdagangan Kota Bukittinggi, Kepala Unit Pembangkit Tiga PLN Kota Bukittinggi, Tamu/undangan, Serta seluruh pegawai Kantor Pertanahan Kota Bukittinggi.

Pemotongan Pita peresmian Bazar Hantaru 2022 oleh bapak Kakanwil BPN Provinsi Sumatra Barat di Dampingi Kepala Kantor Pertanahan Kota Bukittinggi. (*)

Related posts