Pertumbuhan Ekonomi Kota Solok Naik Melebihi Sumbar dan Nasional

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Pertumbuhan ekonomi Kota Solok mengalami kenaikan, terutama semenjak tahun 2016 hingga tahun 2020, rata-rata laju pertumbuhan ekonomi Kota Solok berada diatas rata-rata laju pertumbuhan ekonomi nasional.

Kenaikan rata-rata laju pertumbuhan ekonomi Kota Solok jeda antara tahun 2016 hingga tahun 2020 ini diungkapkan Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra saat menggelar dialog dengan pimpinan OPD dan tokoh masyarakat, Rabu (3/8/2022), di D’ Relazion cafe and resto Lukah Pandan.

Menurut Wawako, kenaikan rata-rata laju pertumbuhan ekonomi Kota Solok naik sebesar 4,25% pertahun, dan jauh melampaui kenaikan rata-rata laju pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya sebesar 3,64 pertahunnya. Sedangkan laju pertumbuhan ekonomi Provinsi Sumatera Barat hanya berada di angka 3,84% pertahunnya.

Jika kenaikan rata-rata laju pertumbuhan ekonomi Kota Solok berada diatas laju pertumbuhan ekonomi Nasional dan Provinsi Sumatera Barat, artinya tingkat kesejahteraan masyarakat Kota Solok sudah lebih baik dari sebelumnya. Jika ini benar adanya sesuai data yang disampaikan Wawako Solok, tingkat kemiskinan dan angka pengangguran juga mengalami penurunan.

“Jika memperhatikan pola laju pertumbuhan ekonomi Kota Solok terhadap laju pertumbuhan ekonomi nasional dan Sumatera Barat, terlihat kemiripan pola. Buktinya, pada saat laju pertumbuhan ekonomi nasional dan Sumatera Barat pada tahun 2016 – 2017, Ekonomi Kota Solok juga ikut naik,” kata Wawako.

Ke depannya, lanjut Wawako, Kota Solok bisa menjadi tujuan utama investasi di Sumatera Barat dan nasional. Salah satunya memberikan kemudahan investasi dengan dilakukanya rehabilitasi dan renovasi pasar raya Solok.

“Dengan ditatanya pasar raya Solok akan memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi siapa saja untuk berinvestasi di Kota Solok. Selanjutnya, kita akan buka kran investasi ditempat lain dan dalam bentuk lainya,” katanya.

Related posts