Perusahaan Kayu Masuk, Babinsa Koramil 03 Sipora Lakukan Pendampingan Penentuan Tapal Batas Desa Bukit Pamewa Dan Goisooinan

MINANGKABAUNEWS.COM, MENTAWAI – Babinsa Koramil 03 Desa Goisoinan Sertu Osten Sinaga lakukan pendampingan atas permintaan Pemdes Desa Goisoinan dan Desa Bukit Pamewa terkait Penunjukan Patok Batas Tapal Desa Bukit Pamewa yang berbatasan dengan Desa Goisoinan.

Kegiatan ini dilaksanakan atas permintaan dari Pak Jasa Samangilailai waktu pertemuan sebelumnya yang menyatakan bahwa jika benar ada patok yang dibuat oleh BPN jauh sebelumnya sebagai batas wilayah Transmigrasi Desa Bukit Pamewa maka Pihak Pak Jasa akan melepaskan lahan tersebut.

Read More

Danramil 03 Sipora Lettu Inf Herizal menyebutkan, kegiatan penentuan Batas Tapal Desa ini dilaksanakan dengan adanya program pembuatan Master plan Desa Bukit Pamewa yang juga berbarengan adanya Perusahaan Kayu Mineral Subur Sejahtera (MSM) yang akan mengolah kayu dilokasi tersebut tanpa ada Konfirmasi ke Masyarkat /Pemerintahan Desa baik Desa Goisoinan maupun Desa Bukit Pamewa, jelas Danramil, Rabu (05/01/2022).

Di terangkan Danramil, menurut pihak Pak Jasa Samangilailai bahwa sebagian dari wilayah Desa Bukit Pamewa yang merupakan wilayah Desa Transmigrasi adalah milik kaumnya, sementara pihak Masyarakat Desa Bukit Pamewa membantah hal tersebut.

Sementara pihak Perusahaan Kayu MSM yang sudah berkoordinasi dengan pihak Pak Jasa Samangilailai telah membuka jalan sebagai akses pengangkutan Kayu di wilayah tersebut tanpa ada pemberitahuan kepada masyarakat maupun Pemerintahan Desa.

Sebelumnya Pihak Desa Goisoinan dan Desa Bukit Pamewa turun ke lokasi pembukaan jalan tersebut dan memohon untuk dihentikan sementara sampai Penyelesaian lahan tersebut selesai, akan tetapi tidak diindahkan oleh pihak perusahaan.

“Dengan adanya permasalahan, Desa Goisoinan dan Desa Bukit Pamewa serta perwakilan tokoh masyarakat kembali memohon kepada Perusahaan untuk menghentikan kegiatan sementara dan membawa alat keluar, sampai masalah penyelesaian lahan tersebut selesai, disertai dengan membuat surat pernyataan”, terang Danramil.

Penunjukan Patok Batas Tapal Desa yakni Patok Batas Perumahan Desa Bukit Pamewa ditemukan + 100 m dari jalan yang sudah dibuka, sehingga pihak Pak Jasa Samangilailai melalui pak Heber menyampaikan untuk penunjukan Patok lahan 1 dan 2 menunggu pihak Kehutanan dan BPN.

Turut serta dalam kegiatan, Camat Sipora Utara yang di wakilkan, Kepala Desa Goisoinan dan Bukit Pamewa dan Kepala Dusun, Bhbinkamtibmas Desa Goisoinan, Tokoh Masyarakat Desa Goisoinan dan Bukit Pamewa, Pihak Pak Jasa Samangilailai 2 orang dan Pihak Perusahaan Kayu MSM 2 orang. (Tirman/Pendim)

Related posts