Petani Milenial Solok Selatan Menjadi Petani Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat

  • Whatsapp
Meldy Eka Putra, SP, petani penerima penghargaan sebagai petani berprestasi Peringkat I Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021
Meldy Eka Putra, SP, petani penerima penghargaan sebagai petani berprestasi Peringkat I Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021

MINANGKABAUNEWS.COM, SOLOK SELATAN – Berprestasi dan diapresiasi oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat merupakan suatu hal yang tidak terduga yang diterima oleh petani asal Solok Selatan.

Dia adalah Meldy Eka Putra, SP, petani penerima penghargaan sebagai petani berprestasi Peringkat I Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Solok Selatan, H Khairunas dalam kegiatan kunjungan kerja ke Ulu Suliti pada 25 Juni lalu.

Read More

Petani milenial yang berusia 29 tahun ini, telah membuka mata kita bahwa pilihan menjadi petani adalah salah satu profesi yang menjanjikan. Selain berperan untuk mensejahterakan keluarga, juga dapat berkontribusi untuk kesejahteraan tetangga dan masyarakat sekitar.

Saat dihubungi melalui pesan whatsapp, usaha yang dijalani oleh Meldy Eka Putra, SP diberi nama MFH FARM, yang merupakan agribisnis peternakan ayam kampung dengan jenis ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB) yang berlokasi di Nagari Persiapan Batang Lolo Pakan Rabaa Tangah Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD).

“Saat ini MFH FARM sudah mampu memproduksi DOC (Bibit Ayam KUB) dengan rata-rata produksi sekitar 2.000 ekor/bulan, dengan omset lebih kurang 15 – 25 juta / bulannya,”ujar Meldy.

Dalam menjalankan aktivitas usaha, MFH FARM juga membina dan membangun mitra kerjasama dengan individu dan kelompok tani yang berjumlah lebih dari 10 orang/kelompok.

Kelompok atau individu yang telah bermitra dengan MFH FARM saat ini adalah usaha yang ingin fokus dengan berbisnis ayam kampung, seperti penyediaan telur fertil (telur untuk ditetaskan) untuk kebutuhan MFH FARM.

Usaha agribisnis peternakan ayam kampung tersebut juga diintegrasikan dengan budidaya perikanan dan budidaya padi sawah. Selain melakukan usaha peternakan ayam KUB, kontribusi lainnya adalah sharing informasi terkait penerapan teknologi pertanian sebagaimana pemberdayaan oleh Dinas Pertanian Solok Selatan, seperti pelaksanaan pertanian terpadu, pola tanam jarwo, mina padi dan lainnya.

Terkait dengan aktivitas bisnis bidang peternakan, MFH FARM juga sudah mendirikan Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) yang diberi nama P4S Laskar Andalas. P4S Laskar Andalas tersebut telah berbadan hukum dan disahkan berdasarkan SK oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian RI.

Apa yang telah dilakukan oleh Meldi Eka Putra, SP ini adalah sangat inspiratif, sehingga gerakan petani milenial ini dapat mendorong dan memotivasi petani muda Solok Selatan untuk menekuni usaha pertanian lainnya. (rls)

Related posts