Petugas Kesehatan Kota Solok Dibekali Pelatihan Toga dan Akupresur

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Petugas Kesehatan Kota Solok dibekali dengan TOGA (Tanaman Obat Keluarga) dan Akupresur, di aula Puskesmas Nan Balimo Kecamatan Tanjung Harapan.

Kepala Bidang PPSDK Dinas Kesehatan Kota Solok dr. Hiddayaturrahmi, Minggu (10/7/2021) dihubungi MinangkabauNews.com mengatakan program Indonesia Sehat meletakkan tiga pilar kegiatan utama.

Read More

Salah satunya dapat dipenuhi oleh pelayanan kesehatan tradisional yang berorientasi pada upaya menyehatkan yang sakit dan mempertahankan yang sehat sekaligus meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Kita harus berupaya merubah kebiasaan masyarakat dalam berobat. Diantaranya melalui asuhan mandiri yang bermanfaat untuk efisiensi dan efektivitas bagi keluarga dalam menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga dengan memanfaatkan Toga dan keterampilan tradisional, sehingga diperoleh keluarga sehat secara mandiri,” ujarnya.

Lebih lanjut Hidayaturtahmi menjelaskan akupresur merupakan teknik pengobatan tradisional dari Tiongkok. Teknik ini mirip dengan akupunktur, namun tidak menggunakan jarum. Akupresur diduga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, seperti membantu meningkatkan sirkulasi darah, merangsang sistem saraf, serta membuat tubuh menjadi rileks dan lebih bertenaga.

“Akupresur telah digunakan sejak ribuan tahun lalu di Tiongkok, terdapat ratusan titik akupresur di permukaan tubuh. Akupresur dilakukan dengan cara memberikan tekanan di bagian tubuh tertentu. Tekanan ini bisa diberikan melalui siku, tangan, atau alat bantu khusus, namun tidak menggunakan jarum. Karena itu, akupresur sering kali dinamakan akupunktur tanpa jarum,” terangnya.

Related posts