Pilwanag Serentak 2022, Bupati Safaruddin Minta Warga Gunakan Hak Pilih

  • Whatsapp
Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo. (Foto: Ist)

MINANGKABAUNEWS.COM, LIMAPULUH KOTA – Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandar Rajo menghimbau warga Limapuluh Kota yang terdaftar sebagai pemilih sesuai ketentuan dan perundang-undangan, menunaikan hak pilihnya.

Dalam agenda, hari pemungutan suara bakal dilaksanakan Rabu, tanggal 25 Mei 2022 di tempat pemungutan suara (TPS sesuai domisil, pada Pemilihan Wali Nagari (Pilwanag) Serentak Tahun 2022 di Kabupaten Limapuluh Kota.

Kepada semua pihak serta pemangku kepentingan agar menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pemungutan suara di TPS. Di sisi lain, Aparatur Sipil Negara (ASN) baik Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja diminta netral, mempergunakan hak pilihnya serta turut menjaga suasana tenang dan kondusif di nagarinya.

Bupati Safaruddin menyebutkan bahwa Pilwanag Serentak Tahun 2022 merupakan salah satu tonggak penting luntuk tercapainya visi daerah, Terwujudnya Limapuluh Kota yang Madani, Berbudaya dan Beradat dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kita bersukur segala persiapan pelaksanaan pemungutan suara, sesuai hasil monitoring yang dilakukan semua berjalan sebagaimana yang kita harapkan bersama, makanya kita ajak dan himbau masyarakat yang punya hak pilih untuk menunaikan hak pilihnya pada TPS yang telah ditentukan,” ujar Bupati Safaruddin, Selasa (24/5).

Bupati Safaruddin juga mengajak warga Limapuluh Kota agar mempergunakan hak pilihnya secara proposional dengan melakukan pencoblosan hanya pada tempat pemilih terdaftar berdasarkan Kartu Tanda Penduduk atau pengenal lain yang disahkan ketentuan peraturan pilwanag.

Tingginya partisipasi pemilih pada gelaran Pilwanag, tambah Bupati Safaruddin, adalah refleksi dari perwujudan kehendak rakyat untuk melanjutkan kesinambungan pemerintahan dan penyelenggaraan pembangunan di Nagari.

“Pelaksanaan dan hasil pemilihan wali nagari serentak ini sangat strategis bagi Kabupaten Limapuluh Kota, karena kita salah satu misi kita dalam jangka menengah adalah mendorong potensi nagari sebagai poros pembangunan daerah,” ujar Bupati Safaruddin.

Terlebih perwujudan program prioritas daerah seperti pertanian, pariwisata, peningkatan infrastruktur di ibukota Kabupaten serta peningkatan infrastruktur prasarana jalan, tak terlepas dari peran wali nagari serta masyarakat di nagari.

Kemunculan potensi kepariwistaan nagari seperti Kampung Sarugo, Koto Tinggi, Kapalo Banda, Taram, serta Alek Bakajang, Gunung Malintang, memberi harapan bahwa potensi nagari-nagari di Limapuluh Kota, jika dikelola terintegrasi antara pemerintahan nagari dan kabupaten pengembangannya akan lebih terarah.

Bupati juga mengungkapkan terima kasih dan apresiasi kepada pejabat Wali Nagari yang akan menyelesaikan tugas dan tidak mencalonkan lagi atas dharma baktinya dalam menyelenggarakan tugas pemerintahan dan pembangunan.

Pelaksanaan Pemilihan Nagari Serentak Tahun 2022 di Kabupaten Limapuluh Kota boleh dibilang “Pesta Demokrasi” terbesar sepanjang sejarah Pemilihan Wali Nagari di Limapuluh Kota.
Tercatat pemilih terdaftar sebanyak 232.227 pemilih melebihi angka pemilih terdaftar pada pemilihan kepala daerah tahun 2020, dengan jumlah 224.393 pemilih.

Data juga menunjukkan sebanyak 70 nagari dari 79 nagari di Limapuluh Kota bakal menggelar pemilhan untuk mencari sosok Wali Nagari yang akan memimpin pemerintahan nagari lima tahun ke depan.

“Pilwanag diikuti sebanyak 298 calon Wali Nagari, 12 orang diantaranya adalah calon wali nagari perempuan, dan sebanyak 44 calon sebelumnya adalah pejabat wali nagari atau petahana,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Nagari/Desa Limapuluh Kota Endra Azmar.

Dia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota juga menerjunkan seluruh kepala perangkat daerah untuk melakukan monitoring pelaksanaan pemungutan suara di TPS-TPS. (akg)


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts